Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Manfaat Puasa Bagi Kesehatan
Unggul Aji Mulyo
Jum'at, 31 Maret 2023   |   25436 kali

Manfaat Puasa Bagi Kesehatan

 

Tahukah Anda? Selain sebagai ibadah kewajiban dalam agama Islam, puasa merupakan kegiatan yang membawa banyak manfaat. Sebagian besar orang beranggapan puasa hanya untuk meningkatkan kesabaran, dan membersihkan diri, namun faktanya puasa juga sangat penting dan bermanfaat untuk Kesehatan.  Bahkan beberapa orang melakukan puasa untuk menurunkan berat badan (Diet). Lantas, Selain sebagai salah satu metode menurunkan berat badan, apa saja manfaat dar I Puasa yang lainnya? Simak artikel berikut ini untuk mengetahui manfaat puasa bagi Kesehatan.

 

1.       Mengontrol Gula Darah Agar tetap Stabil

Puasa sangat bermanfaat bagi yang menderita diabetes, di mana puasa dapat membantu mengurangi resistensi insulin dan kelebihan gula darah. Hal ini bisa terjadi karena insulin membantu mengontrol gula darah dalam tubuh dengan membawa gula ke dalam sel tubuh dan mengubahnya menjadi sumber energi. Dengan berpuasa, otomatis konsumsi gula yang biasa dilakukan akan mengalami penurunan. Hal inilah yang membuat puasa bisa menjadi salah satu terapi dalam melakukan kontrol gula darah.

 

2.       Meningkatkan Kesehatan Jantung

Potensi terkena serangan jantung yang lebih rendah berdasarkan penelitian membuktikan dimiliki oleh mereka yang berpuasa secara teratur. Hal tersebut terjadi karena pada saat berpuasa secara teratur akan membuat tubuh beradaptasi dengan salah satu caranya adalah lemak akan dijadikan sumber utama tubuh. Dengan begini, kolesterol di dalam tubuh akan berkurang dan mengurangi risiko penyakit jantung.

 

3.       Meningkatkan Daya Tahan Tubuh

Puasa di bulan Ramadhan kurang lebih satu bulan kita menjalaninya. Hal itu memicu proses regenerasi sistem kekebalan tubuh menjadi lebih baik lagi pada orang di berbagai kalangan usia.

 

4.       Mengurangi Peradangan

Puasa juga dapat mengurangi peradangan pada tubuh. Peradangan pada tubuh merupakan hal yang wajar saat system imun sedang melawan infeksi. Peradangan yang terus berlanjut akan berujung pada penyakit lain dan juga membuat merasa tidak nyaman.

 

5.       Meningkatkan Fungsi Otak

Lapar dan haus pada saat berpuasa justru memicu pertumbuhan neuron (sel saraf) baru di otak. Oleh karena itu, dapat membantu meningkatkan fungsi otak, termasuk melindungi otak dari risiko Penyakit Alzheimer dan Parkinson. Puasa selama sebulan penuh juga dapat membentuk jalur jaringan baru di otak yang berkontribusi pada perkembangan biologis, psikologis, dan fungsional.

 

Itulah beberapa manfaat bagi Kesehatan yang perlu diketahui. Sebelum lanjut berpuasa, pastikan kita juga mengacu pada saran dokter agar dapat menjalaninya secara aman sesuai dengan kondisi kesehatan. Selain itu, beberapa kondisi, seperti diabetes tipe 1, mungkin memang tidak direkomendasikan berpuasa. Yuk, berpuasa yang lebih sehat! (Penulis: Evi)

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini