Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Manfaat Bersepeda Bagi Tubuh Kita
Kharis Syuhada
Kamis, 17 Maret 2022   |   54908 kali

Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia, olahraga berarti gerak badan untuk menguatkan dan menyehatkan tubuh. Salah satu bentuk olahraga yang sedang naik daun belakangan ini yaitu bersepeda. Kemudahannya ketika digunakan dan siapa saja bisa menggunakannya (tanpa memandang jenis kelamin, usia, umur) menjadi alasan bersepeda digemari banyak orang.

Selain sebagai bentuk olahraga, bersepeda merupakan moda transportasi yang bisa digunakan untuk bepergian dari satu tempat ke tempat lain, contohnya ketika pergi bekerja atau menuju sekolah.

Bersepeda menggunakan tenaga dengan cara membakar kalori tubuh, kemudian menghasilkan keringat di tubuh kita. Sebenarnya apa saja sih manfaat bersepeda?

Berikut manfaat bersepeda bagi tubuh kita.

1.     Meningkatkan kekuatan otot

Ketika bersepeda, kita akan mengayuh pedal agar tetap seimbang dan tidak jatuh. Hal ini sangat  bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan otot. Otot-otot lengan dan kaki kita akan untuk terus bergerak mengikuti irama kaki. Selain bermanfaat untuk meningkatkan kekuatan otot, bersepeda secara rutin juga bisa melatih keseimbangan dan koordinasi tubuh.

2.     Mengontrol berat badan

Manfaat lain dari bersepeda yaitu dapat mengontrol berat badan agar tetap ideal. Bersepeda membantu membakar kalori serta meningkatkan metabolisme.

3.     Menjaga kesehatan jantung

Bersepeda termasuk kedalam jenis olahraga kardio yang berfungsi menjaga kesehatan jantung, paru-paru, serta sirkulasi darah. Dengan bersepeda secara rutin, kadar lemak dalam darah menurun sehingga berefek positif penderita tekanan darah tinggi.

4.     Menurunkan risiko depresi

Bersepeda memiliki manfaat bagi kesehatan mental, salah satunya menurunkan risiko depresi. Bersepeda secara rutin membuat tubuh mengeluarkan hormon dopamin yang memicu rasa bahagia, menurunkan perasaan stres, depresi, dan gangguan kecemasan lain.

5.     Meningkatkan sistem imun tubuh

Manfaat lain yang bisa kita dapatkan dari bersepeda adalah meningkatkan sistem imun tubuh. Imun tubuh yang kuat tentu membuat kita jadi lebih sehat dan tidak gampang terserang penyakit.

 

Sumber:

https://www.lifebuoy.co.id/semua-artikel/berita-kesehatan/8-manfaat-bersepeda-secara-rutin-yang-baik-untuk-kesehatan.html

Penulis: Kharis Syuhada (Bidang KIHI)

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini