Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Tips Mempercepat Kinerja Komputer
Kharis Syuhada
Rabu, 22 Desember 2021   |   20509 kali

Di era serba digital ini, perangkat komputer merupakan “peralatan tempur” yang sering kita gunakan untuk bekerja. Ia hampir bisa melakukan apa saja, mulai dari hal-hal ringan sampai dengan hal-hal berat.

Seiring berjalannya waktu, perangkat yang kita miliki akan mengalami penurunan kinerja. Hal tersebut bisa disebabkan karena makin bertambahnya umur peripheral penyusun perangkat komputer, menumpuknya debu di dalam perangkat, atau banyaknya sampah digital atau file sampah di harddisk.

Kinerja perangkat yang menurun tentunya membuat tidak nyaman dan mengurangi produktivitas dalam bekerja. Untuk mengatasi hal tersebut, berikut tips-tips untuk mempercepat kinerja perangkat komputer (disadur dari berbagai sumber).

1.    Menambah kapasitas RAM dan Harddisk

Proses multitasking yang berat menyebabkan kinerja perangkat berkurang. Menambah kapasitas RAM merupakan pilihan yang terbaik untuk mempercepat kinerja suatu komputer.

Selain itu, jika harddisk pada perangkat komputer sudah hampir penuh, kinerja perangkat dalam melakukan baca-tulis menjadi tidak optimal, kita bisa memperbesar kapasitasnya atau jika mempunyai dana lebih, jatuhkan pilihan untuk pada SSD karena kemampuan baca-tulisnya jauh di atas harddisk.

 

2.    Menghapus file-file sampah di Recycle Bin

File sampah di Recycle Bin merupakan salah satu penyebab melambatnya kinerja komputer. Jika file-file tersebut dipastikan sudah tidak dibutuhkan lagi, hapus dengan cara klik kanan icon Recycle Bin kemudian pilih Empty Recycle Bin.

 

3.    Melakukan uninstall program yang tidak penting

Program yang tidak digunakan lagi akan mengisi ruang kosong penyimpanan pada harddisk. Kita bisa membersihkannya untuk mengoptimalisasi ruang kosong pada harddisk. Cara uninstall program yaitu melalui Start > Control Panel > Uninstall a program kemudian uninstall program yang tidak digunakan.

 

4.    Memasang antivirus

Keberadaan virus pada computer membuat proses pada CPU menjadi tinggi, akibatnya proses-proses lain yang berjalan tidak mendapatkan resource untuk berjalan. Memasang antivirus yang mumpuni dapat mencegah hal tersebut terjadi.

 

5.    Melakukan Disk Defragmenter

Fragmentasi pada data membuat harddisk bekerja lebih keras, tentunya hal tersebut membuat performa komputer turun. Kita bisa menggunakan Disk Defragmenter untuk menyusun ulang data yang terfragmentasi dengan cara klik kanan harddisk yang ingin di-defrag > pilih Properties > kemudian pilih Defragment now pada tab Tools.

 

Demikian tips-tips untuk mempercepat kinerja perangkat komputer. Tetap sehat dan jaga kesehatan.

 

Sumber:

https://www.nesabamedia.com/cara-mempercepat-kinerja-komputer-maupun-laptop/

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini