Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN DKI Jakarta > Berita
Sukseskan Kemenkeu Mengajar 8, Para Pegawai Kantor Wilayah DJKN DKI Jakarta Berpartisipasi sebagai Relawan
Rina Setyarini
Selasa, 24 Oktober 2023   |   58 kali

Kemenkeu Mengajar merupakan kegiatan kesukarelaan yang  diikuti oleh para relawan dari pegawai Kementerian Keuangan. Tahun ini adalah ke-delapan kalinya Kemenkeu Mengajar diselenggarakan, dimana Hari Mengajar telah dilaksanakan pada hari Senin tanggal 23 Oktober 2023 pada 307 sekolah SD, SMP, SMA di seluruh Indonesia. Para pegawai Kantor Wilayah DJKN DKI Jakarta juga  ikut serta dalam kegiatan Kemenkeu Mengajar 8 ini, baik sebagai Panitia Pusat, Panitia Daerah, maupun Relawan. Secara keseluruhan, tahun ini terdapat kurang lebih 7000 relawan dari berbagai Unit Eselon I di Kementerian Keuangan yang berpartisipasi dalam kegiatan Kemenkeu Mengajar.

Menteri Keuangan, Ibu Sri Mulyani  Indrawati, selalu turut serta dalam pelaksanaan Hari Mengajar. Pada Kemenkeu Mengajar ini, beliau mengajar di SMA 3 Semarang, yang juga merupakan sekolah tempat beliau menimba ilmu pada jenjang SMA. Dalam kesempatan ini, Menkeu menyampaikan peran Kementerian Keuangan dalam mengelola keuangan negara melalui Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN), peran APBN dalam dunia pendidikan masa kini, pengenalan profesi yang ada di Kementerian Keuangan, serta cerita inspiratif untuk menjaga semangat belajar. “Keuangan negara adalah uangnya negara, makanya dari mulai pendapatan, belanja yang kemudian disusun dalam bentuk anggaran dibutuhkan buat apa saja dibuat perencanaan anggarannya yang kemudian dijalankan”, jelasnya. Menkeu menambahkan bahwa APBN bekerja dengan menjalankan 3 (tiga) fungsi dalam ekonomi yaitu stabilisasi, alokasi, dan distribusi. APBN sebagai instrumen kebijakan fiskal diselaraskan dengan siklus perekonomian dimana ekonomi terdiri dari sisi produksi dan sisi permintaan (supply and demand). “Jadi mengelola ekonomi kayak Menteri Keuangan, pada dasarnya harus memastikan supply dan demand berjalan secara harmonis tujuannya supaya berkelanjutan stabil tapi juga tumbuh”, tutur Menkeu.

Selain tentunya untuk meningkatkan sinergi dan kolaborasi Kemenkeu Satu, Kegiatan Kemenkeu Mengajar ini juga mempunyai tujuan agar generasi muda dapat lebih memahami tentang keuangan negara, memberikan motivasi dan inspirasi kepada para siswa melalui para relawan pengajar, serta menyampaikan peran penting Kementerian Keuangan dalam pengelolaan Keuangan Indonesia.

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Prajurit KKO Usman dan Harun No. 10 Senen, Jakarta Pusat 10410
+62 21 34835141
+62 21 3441403
kanwildjkn7@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini