Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Sosialisasi Peningkatan Kesejahteraan Melalui Program Taspen Life
I Made Murdwarsa Febriyanta
Rabu, 19 Januari 2022   |   718 kali

Jakarta – Kantor Wilayah (Kanwil) Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) DKI Jakarta mengadakan Sosialisasi Peningkatan Kesejahteraan Melalui Program Taspen Life dengan mengundang narasumber dari PT Taspen (Persero) Kantor Cabang Utama (KCU) Jakarta pada hari Rabu, 19 Januari 2022. Acara ini dilaksanakan secara hybrid, baik secara online melalui aplikasi Zoom Meeting dan offline terbatas di Aula Pendopo Kanwil DJKN DKI Jakarta dan diikuti oleh seluruh pegawai Kanwil DJKN DKI Jakarta.

Sebelum acara dimulai, pembawa acara, Yunita Apriani, memandu pelaksanaan doa Bersama. Kemudian acara dimulai dengan sambutan dari Kepala Kanwil DJKN DKI Jakarta yang diwakili oleh Kepala Bagian Umum, Salbiah. Dalam sambutannya, Salbiah menyampaikan bahwa ketika kita menerima penghasilan, tanpa disadari, sudah terdapat potongan untuk taspen yang cukup kecil nominalnya, sekitar 3,25 persen dari gaji pokok, dan kita menerima manfaat dari potongan tersebut ketika kita pensiun. Dalam acara ini, kita akan mendapatkan penjelasan mengenai fitur Top-Up yang memungkinkan kita memperoleh manfaat yang lebih dari seharusnya Ketika memasuki masa pensiun. Salbiah juga menyampaikan ucapan terima kasih kepada PT Taspen (Persero) KCU Jakarta yang telah berkesempatan hadir pada acara kali ini dan memberikan penjelasan terkait hal ini kepada seluruh pegawai di lingkungan Kanwil DJKN DKI Jakarta.

Acara kemudian dilanjutkan dengan sambutan dari Branch Manager PT Taspen (Persero) KCU Jakarta, Ovita Susiana Rosya. Ovita menyampaikan kepada para partisipan yang hadir dalam acara bahwa sejak Bapak/Ibu menjadi CPNS, sejak saat itu Bapak/Ibu sudah menjadi peserta Taspen. Penghasilan Bapak/Ibu dipotong setiap bulannya sebesar 10 persen, yaitu 2 persen untuk BPJS Kesehatan, 3,25 persen untuk Tabungan Hari Tua, dan 4,75 persen untuk pensiun, sehingga Bapak/Ibu pada saat pensiun menerima tabungan pensiun dan pensiunan bulanan. Kemudian Ovita melanjutkan dengan menyampaikan terkait pengenalan Taspen dan sejarah Taspen dari dulu hingga saat ini, jumlah peserta Taspen saat ini, jaringan layanan Taspen yang sudah mencapai seluruh daerah di NKRI, jenis-jenis produk Taspen, serta apa saja inovasi layanan yang telah dilakukan Taspen hingga saat ini. 

Acara berlanjut dengan penjelasan terkait produk Taspen yang disampaikan oleh Mulyono dari Taspen. Mulyono mulai menjelaskan dari masa perlindungan Taspen untuk para peserta Taspen mulai dari masih bekerja hingga memasuki masa pensiun. Mulyono kemudian menyampaikan terkait program Tabungan Hari Tua yang merupakan program asuransi, terdiri dari asuransi dwiguna yang dikaitkan dengan uang pensiun ditambah dengan asuransi kematian. Lalu dijelaskan terkait besarnya iuran dan manfaat dari program Tabungan Hari Tua. Selanjutnya Mulyono menjelaskan terkait Program Pensiun yaitu program yang memberikan penghasilan kepada penerima pensiun setiap bulan sebagai jaminan hari tua dan penghargaan atas jasa-jasa pegawai negeri selama bertahun-tahun bekerja dalam dinas pemerintah. Mulyono lalu menerangkan terkait besarnya iuran yang harus dibayarkan peserta, manfaat, dan kewajiban peserta Taspen dalam mengikuti program ini.

Setelah program Tabungan Hari Tua dan Program Pensiun, Mulyono menjelaskan terkait Program Jaminan Kecelakaan Kerja dan program Jaminan Kematian. Program Jaminan Kecelakaan Kerja adalah perlindungan atas risiko kecelakaan kerja atau penyakit akibat kerja berupa perawatan, santunan, dan tunjangan cacat. Selain dijelaskan terkait besarnya iuran dan manfaat dari program ini, Mulyono juga menjelaskan kriteria dari kecelakaan kerja serta jaminan kecelakaan kerja yang mengakibatkan peserta Taspen meninggal dunia. Untuk program Jaminan Kematian yang merupakan perlindungan atas risiko kematian bukan akibat kecelakaan kerja, berupa santunan kematian, Mulyono menjelaskan pula terkait besarnya iuran dan manfaat dari program ini untuk peserta Taspen.

Sesi terakhir acara kali ini adalah penjelasan materi terkait Taspen Life yang disampaikan oleh Indra Setiawan dari Taspen. Indra menjelaskan  tentang produk-produk Taspen Life diantaranya Taspen Bright Life serta Taspen Proteksi Beasiswa yaitu Top-up untuk uang pertanggungan dan beasiswa anak, Taspen Save Taspen Dwiguna Sejahtera yaitu Top-up Tabungan Hari Tua, dan Taspen Save Taspen Anuitas Variabel yaitu Top-up Tabungan Hari Tua dan Program Pensiun. Lalu untuk tiap produk ini, Indra menjelaskan terkait manfaat tiap-tiap produk, syarat dan ketentuannya, dan skema program untuk memberikan gambaran awal terkait manfaat yang akan dirasakan peserta di masa mendatang. Setelah penyampaian materi dari para narasumber, acara dilanjutkan dengan sesi tanya jawab interaktif dengan para partisipan hingga berakhirnya acara.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini