Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KAMPIUN 2 September 2021 : Investasi pada Real Estate
I Made Murdwarsa Febriyanta
Jum'at, 03 September 2021   |   211 kali

Jakarta – Kanwil DJKN DKI Jakarta melaksanakan “Kamis Pintar Untuk Negeri” (KAMPIUN) pada hari Kamis pagi, tanggal 2 September 2021 secara virtual melalui aplikasi Zoom Meeting yang diikuti oleh pegawai Kanwil DJKN DKI Jakarta. Untuk pelaksanaan KAMPIUN pada kesempatan kali ini membahas tema “Investasi pada Real Estate“ oleh Indah Noviana, pelaksana Seksi Penilaian I, Bidang Penilaian Kanwil DJKN DKI Jakarta.

Indah menjelaskan dimulai dari pengertian dari properti, real estate, dan real property. Properti secara umum adalah segala sesuatu yang dapat dimiliki baik tangible property maupun intangible property. Real Estate adalah semua benda yang termasuk di dalam dan di atas tanah yang merupakan bagian alam dari tanah dan juga semua benda yang dibuat dan dibangun oleh manusia. Definisi ini sesuai juga dengan pengertian “inaedificatum solo, solo cedit” apa yang melekat pada tanah, termasuk bagian dari tanah. Real property adalah sebagai kumpulan atas berbagai macam hak dan interest yang ada dikarenakan kepemilikan atas satuan real estate. Hak tersebut meliputi hak untuk menggunakan, menyewakan, memberikan kepada orang lain, atau tidak sama sekali.

Lalu Indah menjelaskan klasifikasi properti berdasarkan jenis properti yang terdiri dari real property, personal property, perusahaan/badan usaha, dan hak kepemilikan finansial. Berlanjut Indah menjelaskan karakteristik investasi pada real property yang terdiri dari fixity (tidak berpindah), longevity (jangka panjang), permanen, mengandung risiko, dan memiliki market segmentation. Setelah itu, Indah menyampaikan prinsip-prinsip dari nilai suatu real estate yang berdasar pada prinsip substitusi, prinsip keseimbangan, prinsip kontribusi, prinsip konformitas, prinsip antisipasi, dan prinsip highest and best use. Kemudian, Indah menjeleaskan tujuan-tujuan berinvestasi dalam properti yaitu to preserve capital (mempertahan kan modal), to earn profits (mengahsilkan laba), dan to enjoy tax relief (menikmati keringanan pajak).

Di akhir pemaparannya, Indah menyampaikan kelebihan dan kekurangan dalam investasi real estate. Kelebihannya diantaranya relatively high yields, leveraging opportunities, income tax flexibility, dan high degree of personal control. Sedangkan kekurangannya yaitu relatively poor liquidity, large capital requirements, necessity of constant management, being a landlord, dan risk sustainability. Setelah Indah selesai menyampaikan materi, para partisipan menyampaikan tanggapan dan pertanyaan hingga berakhirnya KAMPIUN pada Kamis pagi tersebut.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini