Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Lomba Cerdas Cermat Antar Satuan Kerja Lingkup KPKNL pada Kanwil DJKN DKI Jakarta
I Made Murdwarsa Febriyanta
Kamis, 12 November 2020   |   431 kali

Jakarta – Kantor Wilayah (Kanwil) DJKN DKI Jakarta mengadakan Lomba Cerdas Cermat antar satuan kerja lingkup Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) pada Kanwil DJKN DKI Jakarta. Acara ini dilaksanakan pada 10 November 2020 dengan media aplikasi Zoom Meeting. Lomba ini dapat disaksikan oleh berbagai kalangan baik melalui aplikasi Zoom Meeting ataupun melalui kanal Youtube Kanwil DJKN DKI Jakarta.

 

Lomba ini diikuti oleh 15 (lima belas) satuan kerja (satker) yang masing-masing mengirimkan tiga orang peserta yang merupakan Aparatur Sipil Negara (ASN) atau operator Barang Milik Negara (BMN). Tiap satker merupakan lingkup kerja dari KPKNL Jakarta I s.d. KPKNL Jakarta V. Lima belas satker tersebut yaitu Kementerian Perhubungan (Biro LPP BMN), Sekretariat Jenderal Dewan Perwakilan Rakyat, Pengadilan Tinggi Agama DKI Jakarta (Mahkamah Agung), Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan, Direktorat Jenderal Ketenagalistrikan (Kementerian Energi dan Sumber Daya  Mineral), Kementerian Sekretariat Negara RI, Kementerian Agama, Kementerian Ketenagakerjaan, ATR/BPN, Sekretrariat Jenderal Kementerian Dalam Negeri, Direktorat Jenderal Administrasi Hukum Umum (Kemenkumham), Sebasa Lemdiklat Polri, Mabes Angkatan Laut, Sekretariat Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika, dan Sekretariat Jenderal KemenpanRB.       

 

Acara dimulai dengan dikumandangkannya lagu wajib Padamu Negeri. Kemudian acara dibuka oleh Host, Lara Atika Pratiwi. Sebelum Lomba Cerdas Cermat dimulai, doa bersama dilaksanakan terlebih dahulu dengan dipandu oleh Jamaludin dan disambung oleh sambutan dari Kepala Kanwil DJKN DKI Jakarta, Hady Purnomo. Dalam sambutannya, Hady menyampaikan acara Lomba Cerdas Cermat ini merupakan bagian untuk turut memeriahkan Hari Ulang Tahun (HUT) DJKN ke-14. HUT DJKN ke-14 ini mengambil tema “DJKN Dinamis untuk Mendukung Pemulihan Ekonomi Nasional” dengan tagar “Aset Mencipta Kerja, Indonesia Maju”. Dalam usia yang sudah mencapai 14 tahun, DJKN siap dalam menetapkan posisinya sebagai manajer aset yang unggul. Hady Purnomo kemudian di akhir sambutannya menyampaikan selamat berkompetisi kepada para peserta.

 

Lomba Cerdas Cermat kemudian dimulai dengan babak penyisihan dengan dipandu oleh moderator, Yustinus Eri Prastiantoko. Lomba Cerdas Cermat pada babak penyisihan ini merupakan adu ketepatan dan kecepatan menjawab dari seluruh peserta terhadap soal-soal yang telah dipersiapkan. Perlombaan pada babak penyisihan ini menggunakan aplikasi Qizzizz. Soal-soal yang ditanyakan pada Lomba Cerdas Cermat ini seputar pengelolaan BMN. Dari babak penyisihan ini, tiga satuan kerja dengan hasil terbaik berhak melangkah maju ke babak final. Para peserta lomba menjawab pertanyaan-pertanyaan dengan cepat sehingga babak penyisihan tidak berlangsung terlalu lama.

 

Sebelum Lomba Cerdas Cermat dilanjutkan ke babak final, acara diselingi dahulu dengan penampilan DJKN Online Band dengan lagu Bahasa Kalbu. Personil DJKN Online Band yang tampil kali ini adalah Robby Sandjaja dan Eka Pratiwi Supriyanto Putri dari Kanwil DJKN Jawa Timur. Setelah penampilan dari DJKN Online Band dan sebelum memulai babak final, acara dilanjutkan terlebih dahulu dengan acara Sharing Session dan penyampaian Current Issue terkait pengelolaan BMN oleh Muh. Hasbi Hanis, Kepala Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara (PKN) KPKNL Jakarta II. Pada sesi ini, Hasbi menyampaikan regulasi baru terkait pengelolaan barang milik negara yaitu Peraturan Pemerintah (PP) nomor 28 tahun 2020 beserta apa saja perubahan yang ada pada aturan ini dibandingkan dengan aturan sebelumnya yaitu perubahan pengaturan penggunaan sementara BMN, perubahan pengaturan terkait pemanfaatan BMN, pengaturan Kerja Sama Terbatas untuk Pembiayan Infrastruktur, pengaturan baru terhadap hibah, tukar-menukar, dan penyertaan modal pemerintah pusat, pengaturan baru terhadap Badan Layanan Umum, pengaturan baru terhadap penilaian, dan perubahan pengaturan lainnya.

 

Hasbi juga menyampaikan perubahan aturan pengelolaan barang milik negara salah satunya adalah untuk harmonisasi/sinkronisasi dengan peraturan perundang-undangan lainnya yaitu UU No. 6 Tahun 2014 tentang Desa, Perpres No. 38 Tahun 2015 tentang  Kerjasama Pemerintah Dengan Badan Usaha Dalam Penyediaan Infrastruktur, PP No. 44 Tahun 2005 jo. No. 72 Tahun 2016 tentang Tata Cara Penyertaan dan Penatausahaan Modal Negara Pada BUMN  dan PT, UU No. 30 Tahun 2014 tentang Administrasi Pemerintahan, UU No. 2 Tahun 2012 tentang Pengadaan Tanah Bagi Pembangunan Untuk Kepentingan Umum, dan Perpres No. 52 Tahun 2020 tentang Pembiayaan Infrastruktur Melalui Hak Pengelolaan Terbatas.

 

            Selanjutnya, Lomba Cerdas Cermat dilanjutkan kembali dengan babak final. Sebelum babak final dimulai, Eri mengumumkan tiga satker dengan hasil terbaik yang berhak melangkah maju ke babak final. Tiga satker tersebut adalah Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan, Sekretariat Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kominfo), dan Kementerian Sekretariat Negara. Babak final dimulai dengan masing-masing tim satker memilih paket soal secara acak. Kemudian Eri menanyakan soal-soal tersebut kepada tiap-tiap tim satker sesuai dengan paket soal yang didapat oleh tim satker.

 

Pada hasil akhir, didapat dua tim dengan nilai yang sama yaitu Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan dan Sekretariat Jenderal Kementerian Kominfo. Eri memandu kelanjutan perlombaan dengan mengadakan babak tambahan. Tata cara perlombaan pada babak tambahan ini sama dengan saat babak penyisihan dimana peserta dalam tim berusaha menjawab dengan cepat dan tepat terhadap soal-soal yang diberikan. Setelah adu sengit antar dua tim satker tersebut, Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan keluar sebagai pemenang Lomba Cerdas Cermat.

 

Pada akhir lomba tersebut, Eri sebagai moderator lomba mengucapkan selamat kepada Sekretariat Jenderal Kementerian Keuangan sebagai juara permata, Sekretariat Jenderal Kementerian Komunikasi dan Informatika sebagai juara ke-2, dan Kementerian Sekretariat Negara RI sebagai juara ke-3. Hady Purnomo turut mengucapkan selamat kepada para pemenang dan ucapan terima kasih kepada para panitia atas terselenggaranya Lomba Cerdas Cermat ini. Acara Lomba Cerdas Cermat kemudian ditutup oleh Host, Lara Atika Pratiwi.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini