Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Dialog Kinerja Organisasi (DKO) Sebagai Komunikasi Antar Pegawai dan Evaluasi Kinerja Kanwil DJKN DKI Jakarta
I Made Murdwarsa Febriyanta
Kamis, 09 April 2020   |   637 kali

Dialog Kinerja Organisasi (DKO) merupakan komunikasi formal antara pimpinan pemilik peta strategi dengan pejabat dan pegawai di bawahnya untuk mendiskusikan pencapaian strategi, kinerja, risiko, dan rencana aksi organisasi yang dilaksanakan secara terstruktur. DKO dilakukan secara berkala tiap triwulan dalam satu tahun anggaran.

Peta strategi adalah penjabaran strategi secara visual, melalui sejumlah Sasaran Strategis yang terangkai dalam hubungan sebab akibat, sehingga memudahkan dalam mengkomunikasikan strategi. Peta strategi menggambarkan cara pandang organisasi dari berbagai perspektif. Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (Kanwil DJKN) DKI Jakarta adalah salah satu unit vertikal Kementerian Keuangan yang memiliki peta strategis. Kanwil DJKN DKI Jakarta secara rutin melaksanakan DKO.

Pada pertemuan kali ini Kanwil DJKN mengadakan DKO Triwulan I Tahun 2020 sekaligus Evaluasi Capaian Kinerja Triwulan I Tahun 2020 ini yang dilaksanakan hari Rabu, 8 April 2020 lalu. Menyesuaikan kondisi saat ini dimana terjadi pandemic Covid-19  maka penyelenggaraan pertemuan menggunakan fasilitas zoom meeting. Para Pejabat dan pegawai mengikuti kegiatan ini secara online dari rumah masing-masing.

Work From Home dilaksanakan di lingkungan Kanwil DJKN DKI Jakarta sesuai dengan Surat Edaran Menteri Keuangan Nomor SE-7/MK.1/2020 tanggal 23 Maret 2020 tentang upaya peningkatan kewaspadaan atas pencegahan penyebaran Corona Virus Disease 2019 (Covid-19) di lingkungan Kementerian Keuangan.

Kegiatan DKO dan Evaluasi Capaian Kinerja Triwulan I Tahun 2020 ini dipimpin oleh Kepala Kanwil DJKN DKI Jakarta, Hady Purnomo. DKO dilaksanakan di Ruang Rapat Virtual Bidang Kepatuhan Internal, Hukum, dan Informasi (KIHI) melalui aplikasi Zoom Cloud Meeting. DKO tidak dapat dilaksanakan melalui tatap muka langsung,

Acara DKO dan Evaluasi Capaian Kinerja Triwulan I tahun 2020  ini diawali dengan pembukaan sekaligus sambutan oleh Hady Purnomo. Selanjutnya, dilakukan pemaparan evaluasi kinerja Kanwil DJKN DKI Jakarta pada Triwulan I tahun 2020 oleh Kepala Bidang KIHI, Harmani Sri Mumpuni dan Kepala Seksi Kepatuhan Internal, Sugiyanti. Pada triwulan ini, Kanwil DJKN DKI Jakarta memiliki sebelas Indikator Kinerja Utama (IKU) berkategori hijau, dua IKU berkategori merah, dan tujuh IKU berkategori abu-abu. Pada kesempatan tersebut, disampaikan pula raw data  IKU tersebut yang kemudian dijadikan pembahasan kendala dan masalah yang menghambat pencapaian IKU serta strategi atau tindakan yang akan dilakukan untuk mencapai target IKU tersebut pada triwulan selanjutnya.

Acara selanjutnya adalah DKO dengan hal yang dibahas adalah Pengaruh IKU Deviasi Ketergunaan Hasil Penilaian Dengan Objektivitas Penilai, disampaikan oleh Kepala Bidang Penilaian, Ari Fitri Mahesa dan Kepala Seksi Penilaian II, Gunarto Yudho. Kemudian acara dilanjutkan dengan beberapa pegawai menyampaikan pertanyaan, saran, dan pendapat atas apa yang telah disampaikan dan kemudian ditanggapi oleh pegawai yang menyampaikan materi. Hal  ini berlangsung hingga akhir acara dan ditutup oleh Hady Purnomo.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini