Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Good Personality untuk Masa Depan yang Lebih Baik
Henny Purwanti
Kamis, 07 Maret 2024   |   84 kali

        Dalam kehidupan sehari-hari, tentunya kita bertemu dengan berbagai individu yang memiliki personality atau kepribadian yang berbeda-beda. Memiliki personality yang baik bukan hanya memudahkan berhubungan dengan orang lain saja, tetapi juga dapat berdampak pada masa depan kita.

        Jika kita perhatikan banyak orang-orang yang memiliki personality kurang baik di lingkungan sehari-hari atau pekerjaan. Seperti tidak bertanggung jawab, sulit menghargai pendapat orang lain, tidak menerima kritik, tidak menghormati orang lain, dan sebagainya. Hal tersebut menjadikan seseorang tersebut cenderung dijauhi oleh lingkungan sekitar nya. Dalam dunia kerja tentunya cenderung menerima dan mempertahankan orang-orang yang memiliki personality baik dan kuat. Sehingga dengan memiliki personality yang baik, akan menjadikan diri kita disenangi oleh orang-orang disekitar, memudahkan dalam memperluas networking, sukses dalam berkarir, dan sebagainya. Keuntungan tersebut dapat menjadikan masa depan kita lebih baik.  Jika kita belum merasa memiliki good personality, kita dapat memulai nya dari sekarang, yuk simak beberapa tips berikut!

1. Mempunyai Prinsip

Prinsip yang dimaksud adalah sesuatu yang positif dan menjadikan diri lebih berkembang dengan baik. Selain itu dengan mempunyai prinsip, tidak akan mudah untuk dipengaruhi orang lain.

2. Berpandangan Positif

Selalu berpandangan dan berpikir positif akan suatu hal dapat mempengaruhi tindakan yang kita lakukan serta dapat menyebarkan energi positif pada sekitar. Jika memungkinkan, kita harus selalu berusaha dalam berpandangan positif, meningkatkan kosentrasi, dan fokus, sehingga pekerjaan dapat berjalan dengan lebih baik.

3. Keinginan Kuat Belajar

Ketika kamu mau dan selalu berusaha belajar hal baru dapat mengembangkan dirimu dan tentunya menjadikan dirimu memiliki personality yang baik. Sehingga jika kamu ingin memiliki personality yang baik maka teruslah belajar.

4. Mengenali Diri Lebih Dalam

Kenali dirimu seperti mengetahui apa yang disukai dan tidak, apa yang membuatmu percaya diri dan semangat. Dengan mengenali diri dengan baik, kita akan mengetahui kelebihan dan kekurangan diri, lalu cobalah untuk menerima kekurangan dan mengembangkan kelebihan.

5. Open Minded

Open minded dapat dilakukan dengan menerima berbagai pendapat di sekitar dan menghargainya. Berpikiran terbuka amatlah diperlukan untuk membuat kita menjadi lebih kritis.

 Semoga tips diatas dapat membantu dalam melatih dan memiliki personality yang baik. Dengan memiliki personality yang baik akan menciptakan kehidupan yang lebih positif dan berpengaruh terhadap masa depan yang lebih baik.

 

Penulis: Della Lukita Sari (Mahasiswa magang pada Bidang KIHI Kanwil DJKN DKI Jakarta) - Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Pancasila

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini