Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Sayangi Diri dengan Menjaga Kesehatan Mental
Henny Purwanti
Senin, 04 Maret 2024   |   86 kali

Sayangi Diri dengan Menjaga Kesehatan Mental

        Berdasarkan Kementerian Kesehatan, sekitar 20 persen populasi di Indonesia mengalami masalah Kesehatan Jiwa, artinya 20 persen dari 279 juta jiwa secara keseluruhan yang mana hal tersebut termasuk tingkatan yang sangat tinggi. Banyak sekali masyarakat yang masih mengabaikan Kesehatan mentalnya, menganggap hal tersebut bukanlah sesuatu yang penting. Kenyataannya Kesehatan Mental sama pentingnya dengan Kesehatan Tubuh yang perlu dijaga.

        Mental yang sehat dapat berdampak ke berbagai aspek seperti kebahagiaan, produktivitas, kesehatan fisik, kepuasan hidup, dan sebagainya. Bukan hanya orang dewasa saja yang perlu menjaga, melainkan dari anak-anak sampai orang tua pun perlu menjaga kesehatan mental yang merupakan salah satu bagian dari menyayangi diri.

     Tidak perlu melakukan hal yang rumit, berikut hal-hal yang dapat membantu dalam menjaga Kesehatan Mental antara lain:

1. Olahraga

Dengan olahraga teratur maka akan membuat tubuhmu melepaskan endorphin, sehingga tersingkirnya stress dan meningkatkan suasana hatimu.

2. Menghargai diri sendiri

Sikap menghargai diri sendiri adalah hal penting, tidak hanya orang lain saja. Hal tersebut dapat memberikan dukungan dan mengetahui kebutuhan serta keinginan diri serta apa saja kemampuan yang kita miliki.

3. Pilih menu makan sehat

Menu sehat seperti sayur, buah-buahan, kaya akan asam lemak omega 3, dan sebagainya dapat meningkatkan kesehatan mental dan energi.

4. Mindfulness

Ketika ingin menjernihkan pikiran dan lebih fokus, dapat pula dibantu dengan meditasi atau mindfulness. Sehingga kita akan merasa lebih tenang dan menurunkan stress, sehingga berdampak pada Kesehatan Mental yang baik

5. Jangan Takut Kunjungi Profesional

Terkadang masih banyak masyarakat yang takut atau malu untuk mengunjungi psikolog. Kenyataannya ketika merasa sudah tidak dapat mengontrol diri sendiri dan memiliki perasaan yang mengganggu terus menerus, tidak ada salahnya untuk datang berkonsultasi ke psikolog untuk membantu diri.

        Menjaga Kesehatan Mental merupakan bentuk nyata dalam menyayangi diri sendiri dan jangan sekali-kali menganggap remeh akan Kesehatan Mental. Sekarang waktunya untuk lebih peduli akan Kesehatan Mental, yang dapat dilakukan dengan cara-cara yang telah diberikan diatas karena mental yang sehat akan membawa kebahagiaan.

 Sayangi diri, jaga kesehatan mental!

 

   

Penulis:

Della Lukita Sari (Mahasiswa magang pada Bidang KIHI Kanwil DJKN DKI Jakarta) - Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Pancasila

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini