Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Tingkatkan Karakter Diri dengan Komunikasi Efektif
Henny Purwanti
Jum'at, 17 November 2023   |   862 kali

Apa itu Komunikasi Efektif ?

Yaitu bagaimana suatu pesan dari komunikator dapat diterima dengan baik oleh komunikan dan terjadinya satu persepsi yang sama, sehingga meminimalisir kesalahpahaman. Selain itu, Komunikasi efektif juga dapat menghasilkan suatu perubahan sikap oleh orang yang terlibat pada komunikasi tersebut. Dalam pengimplementasian di kehidupan sehari-hari, masih banyak yang menyepelekan komunikasi efektif yang dimana dapat menyebabkan konfilk di kemudian hari.

 Komunikasi efektif memiliki aspek-aspek tertentu antara lain:

1. Kejelasan

Kemaslah informasi dengan Bahasa yang jelas, sehingga dapat tepat sasaran dan dipahami.

2. Ketepatan

Gunakan Bahasa yang ter-akurasi atau tepat sesuai dengan informasi yang dibagikan

3. Konteks

Bahasa yang digunakan dalam informasi yang disampaikan haruslah sesuai dengan keadaan atau situasi saat terjadinya komunikasi tersebut.

4. Alur

Informasi harus menggunakan Bahasa yang disusun secara sistematis agar dapat mudah dipahami oleh komunikan, tentukan alurnya saat menyampaikan informasi karena hal tersebut bagian penting dalam komunikasi efektif.

5. Budaya

Dalam berkomunikasi, selain menggunakan Bahasa yang baik, tetapi berkaitan juga dengan etika serta menyesuaikan pada budayanya

 Lalu bagaimana cara membangun komunikasi yang efektit?

Berikut cara membangun komunikasi yang efektif antara lain:

1. Jelas

Berikan informasi yang tidak bertele-tele dengan menyampaikan pesan langsung pada intinya, sehingga lawan bicara dapat mudah memahami dan fokus terhadap isi pesan.

2. Intonasi bicara

Gunakan intonasi bicara yang sesuai dengan pesan agar lawan bicara tidak bingung dalam memaknai pesan yang disampaikan.

3. Menjadi pendengar yang baik

Dalam berkomunikasi, kita tidak hanya yang selalu berpendapat, melainkan harus memberi kesempatan lawan bicara untuk mengutarakan pendapatnya dan memperhatikan dengan baik.

4. Bertanya

Ajukanlah pertanyaan setelah memberikan informasi kepada lawan bicara, komunikasi efektif juga memerlukan tanggapan dari lawan bicara mengenai pernyataan yang telah disampaikan untuk memastikan apakah paham atau tidak dengan informasi tersebut.

5. Tambahkan komunikasi nonverbal

Saat berkomunikasi efektif, kamu dapat menambahkan komunikasi nonverbal seperti tersenyum atau gerakan lain yang sesuai dengan komunikasi verbal yang kamu lakukan. Hal tersebut dapat menciptakan suasana yang komunikatif.

Dengan komunikasi efektif kita dapat meningkatkan diri pada segi berkomunikasi yang dapat membangun hubungan baik disekitar dan meningkatkan kepercayaan orang lain akan diri kita sendiri, sehingga hubungan yang terbentuk akan semakin harmonis dan membentuk diri menjadi pribadi yang berkarakter positif. 


Penulis: 

Della Lukita Sari (Mahasiswa magang pada Bidang KIHI Kanwil DJKN DKI Jakarta) - Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Pancasila

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini