Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Pentingnya Personal Branding di Dunia Kerja
Henny Purwanti
Senin, 16 Oktober 2023   |   12712 kali

Apa itu Personal Branding ?

           Menurut (Lair, Sullivan & Cheney, 2005:35), Personal branding adalah suatu proses pembentukan persepsi masyarakat terhadap diri seseorang yang dipandang sebagai merek atau brand oleh target market. Dengan kata lain, proses membentuk persepsi masyarakat akan diri seseorang yang meliputi kepribadiannya, kemampuan, dan aspek lainnya yang menciptakan persepsi positif di benak masyarakat serta dapat digunakan sebagai alat pemasaran (McNally & Speak, 2002).

        Personal branding perlu dimiliki oleh individu untuk dapat bersaing di dunia kerja, menggapai pekerjaan, dan pengembangan profesi kerja. Dengan Personal branding yang kuat dapat mendorong individu dalam mengembangkan kemampuannya dan meningktakan self awareness, self-esteem, self-wroth, dan nilai positif lainnya. Sehingga dapat menjadi nilai pembeda atau keunikan seorang individu dari orang lain.

 Apa pentingnya Personal Branding?

        Personal branding sangat penting untuk dimiliki individu terutama dalam bersaing di dunia kerja yang dapat menentukan posisi kerja, jabatan, dan lain sebagainya. Berikut apa saja pentingnya personal branding antara lain:

1. Menjadi pembeda dari orang lain

Dengan personal branding, kita akan menjadi menonjol dan berbeda dari orang lain, sehingga dapat memberikan kesan di benak orang lain.

2. Membangun koneksi

Personal branding yang baik dapat memperluas koneksi dengan orang lain dan tentunya akan memberikan banyak manfaat.  

3. Membuka peluang baru

Pada era kompetitif seperti saat ini terutama di dunia kerja, personal branding yang kuat dapat membuka peluang baru dan akan memberikan kesuksesan dalam karir.

4. Meningkatkan kepercayaan diri

Dalam dunia kerja, tentu saja kepercayaan diri sangat diperlukan karena mereka yang memiliki hal tersebut pasti self-esteem dan self-value nya kuat yang berdampak positif dalam hal integritas dan loyalitas di pekerjaan. Namun, perlu diingat bahwa kepercayaan diri yang terlalu tinggi pun juga tidak baik.

 Lalu bagaimana cara membangun Personal branding ?

1. Menentukan tujuan

Membangun personal branding haruslah memiliki tujuan yang jelas agar terbentuknya strategi yang sesuai dan tercapainya goals.

 2. Riset

Dalam membangun personal branding, kita dapat melakukan riset orang-orang yang ingin kita jadikan sebagai role model, sehingga kita dapat mengetahui apa saja yang ia lakukan dalam membangun personal brandingnya.

3.  Cari apa yang ingin ditonjolkan

Cobalah untuk mencari karakter diri yang ingin ditonjolkan.  Ingin diingat seperti apa? Apakah pintar, ramah, mudah berbaur atau semacamnya.

4. Jujur

Pastikan personal branding yang kita bangun tidak lah bohong dan jangan berusaha menjadi orang lain serta merebut karya orang lain.

        Dalam membangun personal branding, hal yang terpenting untuk dilakukan adalah mulai dahulu dan jangan ditunda-tunda serta janganlah menunggu diri untuk sempurna dahulu, Ayo bangun personal branding mulai dari sekarang!. 



Penulis:

  • Della Lukita Sari (Mahasiswa magang pada Bidang KIHI Kanwil DJKN DKI Jakarta) - Fakultas Ilmu Komunikasi, Universitas Pancasila





Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini