Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
PROFESIONALISME KERJA DALAM KEMAJUAN LEMBAGA
Henny Purwanti
Selasa, 13 Desember 2022   |   33988 kali

        Menurut Kamus Besar Bahasa Indonesia (KBBI), arti kata profesionalisme adalah mutu, kualitas, dan tindak tanduk yang merupakan ciri suatu profesi atau orang yang profesional. Profesionalisme sendiri diambil dari kata dasar “profesional” di mana seseorang atau karyawan tentu saja harus memahami arti kata profesional dalam melakukan suatu pekerjaan di dalam lingkup kerja.

         Profesionalisme yang di maksud adalah bagaimana seorang karyawan bisa menempatkan dirinya selama berada dalam lingkup kerja maupun luar lingkup kerja. Bagaimana seorang karyawan bisa menyelesaikan pekerjaan dengan penuh tanggung jawab, tepat waktu dan memiliki nilai integritas. Integritas sendiri dapat berkaitan dengan sifat dan karakter dari seseorang. Salah satu hal yang harus diperhatikan oleh karyawan juga bagaimana dia bisa memanajemen emosi serta pikirannya atau membedakan hal pribadi dengan pekerjaaan. Karena seperti yang kita ketahui, setiap orang pasti mempunyai permasalahan hidupnya masing-masing di mana karyawan tersebut dituntut agar pekerjaannya tidak terbengkalai dikarenakan permasalahan internal.

        Profesionalisme ini harus ditumbuhkan oleh masing-masing karyawan di Kantor Wilayah DJKN DKI Jakarta, di mana mereka bekerja di bawah naungan Kementrian Keuangan Republik Indonesia dan memiliki tanggung jawab besar yang akan berpengaruh pada perusahaan atau suatu instansi terkait. Salah satu contoh kecil yang menunjukkan bahwa kita belum profesionalisme adalah disaat jam kerja, karyawan bersantai-santai dan bermain media sosial. Ketika karyawan bisa profesionalisme dalam pekerjaan, mereka juga akan mendapatkan nilai dan pandangan yang positif dari orang sekitar serta dapat membantu karyawan tersebut untuk mengembangkan karier mereka dengan profesionalisme kerja yang mereka miliki.

Adapun yang harus karyawan miliki agar terciptanya profesionalisme di lingkungan kerja, sebagai berikut:

  1. Memiliki sifat jujur, bertanggung jawab, dan bersikap ramah
  2. Mematuhi segala peraturan kantor/perusahaan
  3. Menyelesaikan semua tugas yang diberikan dengan tepat waktu serta tidak mengeluh
  4. Membangun relasi yang baik dengan karyawan lain
  5. Memiliki motivasi yang kuat
  6. Menjadi pribadi yang inisiatif

        Dalam dunia kerja, menjadi seorang yang profesional bukanlah hal yang mudah. Bukan hanya keahlian dan pengetahuan saja yang penting. Dengan menerapkan beberapa hal di atas, dapat membantu terciptanya profesionalisme dalam ruang lingkup pekerjaan. dan membuat hasil pekerjaan lebih memuaskan. Menjadi seseorang yang profesional terhadap pekerjaannya, berarti seorang karyawan dapat memposisikan dirinya sebagai seseorang yang paham akan tanggung jawab pekerjaannya baik secara individu, secara tim/berkelompok serta mampu mencapai tujuan suatu instansi/perusahaan. Persaingan yang ketat menjadikan karyawan untuk dituntut menjadi seseorang yang profesionalisme. Dengan menjadikan sikap integritas, dan beberapa poin di atas sebagai hal lumrah dalam kehidupan kita, maka akan meningkatkan kualitas diri kita dan memiliki lebih banyak pendapatan. 

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini