Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Tips Menghindari Titik Jenuh dalam Bekerja
Henny Purwanti
Selasa, 06 September 2022   |   2598 kali

Tidak bisa dipungkiri rasa jenuh dapat menghampiri siapapun. Jika saat ini berada di situasi yang membuat malas melakukan pekerjaan atau bahkan suka menunda pekerjaan, itu merupakan tanda bahwa situasi sudah menjenuhkan. Situasi ini sangatlah wajar dan lumrah. Namun, situasi ini tidak bisa dibiarkan dalam waktu yang lama karena masih ada tanggung jawab terhadap pekerjaan.

Membangkitkan semangat kerja memang tidaklah mudah dan membutuhkan proses. Melalui proses ini, dapat digali lebih dalam mengenai apa yang kita inginkan, pola pekerjaan seperti apa yang menantang, skill apa yang ingin kita kembangkan, dan lain sebagainya. Ketika telah tercapai titik aktualisasi diri, kita akan merasa lebih bersemangat, dan rutinitas yang semula terlihat membosankan akan terlihat menarik dan menyenangkan.

Sekarang, mari kita lihat tips semangat kerja yang dapat meningkatkan produktivitas kerja di kantor.

1. Temukan Motivasi Kerja

"Apa goal yang ingin dicapai dalam pekerjaan saat ini?"

Pertanyaan tersebut dapat membantu untuk mencari apa yang diinginkan. Apakah hal yang diinginkan merupakan promosi jabatan? Ataukah ingin mengembangkan skill atau belajar hal yang baru? Ataukah ingin memperluas koneksi?

Apapun, jadikan hal tersebut sebagai motivasi dalam pekerjaan. Dengan begitu, akan tercapai sebuah tujuan yang pasti ketika menyelesaikan pekerjaan.

2. Fokus pada Kekuatan Terbaik

"Apa kekuatan atau skill terbaik yang dimiliki?"

Setiap orang pasti mempunyai satu hal yang sangat dikuasai seperti ahli dalam mendesain, melakukan pitching ke stakeholders, membuat presentasi, atau bahkan kita mempunyai kekuatan untuk menjadi seorang leader dalam sebuah tim. Fokuslah pada kekuatan kita dan gunakan kekuatan tersebut untuk hal yang positif seperti mengembangkan ide untuk instansi.

Dengan mengembangkan kekuatan yang kita punya, kita tahu akan tujuan pekerjaan dan hidup yang dicari selama ini. Jadikan kekuatan tersebut sebagai motivasi untuk mencapai target yang  diinginkan.

3. Ganti Suasana Kerja

"Apakah suasana kerja nyaman dan menyenangkan?

Suasana kerja berperan penting dalam meningkatkan semangat kerja. Suasana kerja yang tidak kondusif tentu akan membuat siapapun kehilangan motivasi. Jika merasakan hal tersebut, ada baiknya untuk mendiskusikan permasalahan ini kepada atasan agar dapat dicari jalan keluarnya bersama-sama.

Tapi sebelum itu, harus diidentifikasi terlebih dahulu sumber yang menyebabkan suasana kerja menjadi tidak kondusif. Apakah hal tersebut berasal dari suasana kantor yang panas, rekan kerja yang berisik, peralatan kantor yang kurang memadai, atau beban kerja yang terlalu banyak. Setelah anda mengidentifikasi sumber tersebut, barulah kita bawa permasalahan ini kepada atasan.

4. Bergaul dengan Teman yang Positif

"Apakah lingkungan pergaulan sudah positif?"

Memiliki teman merupakan sebuah hadiah yang sangat indah dan menyenangkan. Apalagi kita sebagai makhluk sosial yang membutuhkan teman untuk berkomunikasi, bertukar pikiran, dan berbagi. Carilah teman yang dapat membantu  mengembangkan potensi yang ada dalam diri kita. Teman yang positif akan membentuk motivasi dalam diri yang positif pula.

Saling mengingatkan satu sama lain apabila salah satu di antara rekan kerja ada yang mulai kehilangan motivasi kerja dan berada di titik jenuh. Sesekali juga kita bisa pergi bersama teman untuk sekedar makan bersama. Nikmatilah quality time bersama rekan kerja di luar kantor dan hal tersebut akan sangatlah menyenangkan.

5. Menolong Sesama Rekan Kerja

"Apakah selama bekerja, kita hanya fokus kepada diri sendiri saja?"

Salah satu hal bermanfaat yang bisa meningkatkan semangat kerja adalah dengan menolong sesama rekan kerja. Misalkan, membantu memberikan penjelasan kepada karyawan fresh graduate tentang aturan unit kerja, menolong rekan yang ada di meja sebelah saat ada masalah teknis pada komputernya, dan banyak hal lainnya yang bisa dilakukan untuk menolong sesama rekan kerja. Dengan menolong sesama rekan, kita akan menemukan tujuan baru dalam diri sendiri yang dapat menambah motivasi  dalam bekerja.

Ini Saatnya untuk Meningkatkan Semangat Kerja

Jadi, tunggu apalagi? Yuk tingkatkan semangat kerja karena ini saatnya untuk bangkit dan berhenti mengeluh, demi tujuan dan mimpi yang ingin dicapai!

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini