ASN merupakan ujung tombak berjalannya roda birokrasi, tak ayal
ASN haruslah memiliki nilai-nilai kuat yang diinternalisasikan kedalam unit
organisasi. Presiden Jokowi menyampaikan bahwa ASN kini memiliki nilai Core
Value dan Employer Branding yang baru yaitu Berakhlak. Berakhlak
merupakan fondasi baru bagi Aparatur Sipil Negara demi terwujudnya satu
kesamaan persepsi yang lebih mudah dipahami dan diterapkan oleh seluruh
ASN.Berakhlak merupakan akronim dari berorientasi pelayanan, akuntabel,
kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif. Berikut penjabaran dari
nilai-nilai tersebut:
1. Berorientasi
Pelayanan
a.
Memahami dan memenuhi kebutuhan masyarakat.
b. Ramah, cekatan, solutif, dan dapat diandalkan.
c. Melakukan
perbaikan tiada henti.
2. Akuntabel
a.
Melaksanakan tugas dengan jujur, bertanggung jawab, cermat, serta
disiplin dan berintegritas tinggi.
b.
Menggunakan kekayaan dan barang milik negara secara bertanggung
jawab, efektif dan efisien.
c.
Tidak menyalahgunakan kewenangan jabatan.
3. Kompeten
a.
Meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu
berubah.
b.
Membantu orang lain belajar.
c.
Melaksanakan tugas dengan kualitas terbaik.
4. Harmonis
a.
Menghargai setiap orang apapun latar belakangnya.
b.
Suka menolong orang lain.
c.
Membangun lingkungan kerja yang kondusif.
5. Loyal
a.
Memegang teguh ideologi Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara
Republik Indonesia Tahun 1945.
b.
Setia kepada NKRI serta pemerintahan yang sah.
c. Menjaga nama baik sesama ASN, pimpinan, instansi dan
negara, serta menjaga rahasia jabatan dan negara.
6. Adaptif
a.
Cepat menyesuaikan diri menghadapi perubahan.
b.
Terus berinovasi dan mengembangkan kreativitas.
c.
Bertindak proaktif.
7. Kolaboratif
a.
Memberi kesempatan kepada berbagai pihak untuk berkontribusi.
b.
Terbuka dalam bekerja sama untuk menghasilkan nilai tambah.
c.
Menggerakkan pemanfaatan berbagai sumber daya untuk tujuan
bersama.
Jika dikaitkan dengan lima nilai Kementerian Keuangan, 7 Core Value ASN tersebut masih linear dengan lima nilai Kementerian
Keuangan. Berorientasi pelayanan memiliki makna yang sama dengan nilai
pelayanan, akuntabel dan loyal memiliki makna yang sama dengan nilai
integritas, kompeten memiliki makna yang sama dengan profesionalisme, harmonis
dan kolaboratif memiliki makna yang sama dengan nilai sinergi, dan adaptif
memiliki makna yang sama dengan nilai kesempurnaan. Oleh karena itu, Jajaran
pegawai Kanwil DJKN DKI Jakarta sudah sepantasnya mampu untuk
mengimplementasikan Core Value ASN sebagaimana telah memahami nilai-nilai
Kementerian Keuangan.
Selain Core Value diatas, Kementerian Keuangan
masih memiliki 5 Budaya Kerja. Yaitu satu informasi setiap hari, dua menit
sebelum jadwal,tiga salam setiap hari, Rencanakan, Kerjakan, Monitor dan
Tindaklanjuti, dan Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin.sehingga dengan
kombinasi dari ketiga nilai besar diatas dapat menjadikan pegawai sebagai
pelayan yang baik dan bermafaat bagi masyarakat.