Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Core Value ASN dan Nilai-nilai Kementerian Keuangan
Arief Aditia Budi
Selasa, 28 Juni 2022   |   21391 kali

ASN merupakan ujung tombak berjalannya roda birokrasi, tak ayal ASN haruslah memiliki nilai-nilai kuat yang diinternalisasikan kedalam unit organisasi. Presiden Jokowi menyampaikan bahwa ASN kini memiliki nilai Core Value dan Employer Branding yang baru yaitu Berakhlak. Berakhlak merupakan fondasi baru bagi Aparatur Sipil Negara demi terwujudnya satu kesamaan persepsi yang lebih mudah dipahami dan diterapkan oleh seluruh ASN.Berakhlak merupakan akronim dari berorientasi pelayanan, akuntabel, kompeten, harmonis, loyal, adaptif, dan kolaboratif. Berikut penjabaran dari nilai-nilai tersebut:

1.    Berorientasi Pelayanan

a.    Memahami dan memenuhi kebutuhan masyarakat.

b.    Ramah, cekatan, solutif, dan dapat diandalkan.

c.     Melakukan perbaikan tiada henti.

2.    Akuntabel

a.    Melaksanakan tugas dengan jujur, bertanggung jawab, cermat, serta disiplin dan berintegritas tinggi.

b.    Menggunakan kekayaan dan barang milik negara secara bertanggung jawab, efektif dan efisien.

c.     Tidak menyalahgunakan kewenangan jabatan.

3.    Kompeten

a.    Meningkatkan kompetensi diri untuk menjawab tantangan yang selalu berubah.

b.    Membantu orang lain belajar.

c.     Melaksanakan tugas dengan kualitas terbaik.

4.    Harmonis

a.    Menghargai setiap orang apapun latar belakangnya.

b.    Suka menolong orang lain.

c.     Membangun lingkungan kerja yang kondusif.

5.    Loyal

a.    Memegang teguh ideologi Pancasila dan Undang-Undang Dasar Negara Republik Indonesia Tahun 1945.

b.    Setia kepada NKRI serta pemerintahan yang sah.

c.     Menjaga nama baik sesama ASN, pimpinan, instansi dan negara, serta menjaga rahasia jabatan dan negara.

6.    Adaptif

a.    Cepat menyesuaikan diri menghadapi perubahan.

b.    Terus berinovasi dan mengembangkan kreativitas.

c.     Bertindak proaktif.

7.    Kolaboratif

a.    Memberi kesempatan kepada berbagai pihak untuk berkontribusi.

b.    Terbuka dalam bekerja sama untuk menghasilkan nilai tambah.

c.     Menggerakkan pemanfaatan berbagai sumber daya untuk tujuan bersama.

 

Jika dikaitkan dengan lima nilai Kementerian Keuangan, 7 Core Value ASN tersebut masih linear dengan lima nilai Kementerian Keuangan. Berorientasi pelayanan memiliki makna yang sama dengan nilai pelayanan, akuntabel dan loyal memiliki makna yang sama dengan nilai integritas, kompeten memiliki makna yang sama dengan profesionalisme, harmonis dan kolaboratif memiliki makna yang sama dengan nilai sinergi, dan adaptif memiliki makna yang sama dengan nilai kesempurnaan. Oleh karena itu, Jajaran pegawai Kanwil DJKN DKI Jakarta sudah sepantasnya mampu untuk mengimplementasikan Core Value ASN sebagaimana telah memahami nilai-nilai Kementerian Keuangan.

Selain Core Value diatas, Kementerian Keuangan masih memiliki 5 Budaya Kerja. Yaitu satu informasi setiap hari, dua menit sebelum jadwal,tiga salam setiap hari, Rencanakan, Kerjakan, Monitor dan Tindaklanjuti, dan  Ringkas, Rapi, Resik, Rawat, Rajin.sehingga dengan kombinasi dari ketiga nilai besar diatas dapat menjadikan pegawai sebagai pelayan yang baik dan bermafaat bagi masyarakat.

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini