Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Tips Supaya Kita Hidup Bahagia Tanpa Syarat
Heryantoro
Kamis, 10 September 2020   |   18587 kali

       

        Untuk hidup bahagia ternyata kita tidak harus menunggu apa yang kita cita-citakan tercapai, meskipun sebagian besar orang akan berfikir saya akan bahagia apabila sudah memiliki ini dan itu, atau sudah mencapai karir yang didambakan. Hidup bahagia tanpa syarat sudah bisa kita dapatkan sejak saat ini tanpa perlu menunggu apapun capaian yang akan kita peroleh. Inilah pola mindset dan sikap mental yang harus kita miliki kapanpun dan di manapun, serta mulai saat ini. Berikut ini merupakan tips supaya kita hidup bahagia tanpa syarat yang bisa anda praktekan dalam keseharian dengan mudah, semoga anda semua hidup bahagia dan penuh berkah.

Selalu Bersyukur

         Sikap mental selalu bersyukur sebenarnya merupakan hal sederhana tetapi jika kita melakukannya pasti bahagia, bisa dimulai dari hal yang kecil misalnya bersyukur atas kesehatan yang kita dapatkan saat ini. Bahkan untuk pakaian yang kita pakai setiap hari kita harus bersyukur, karena tidak semua orang mampu membeli pakaian seperti kita. Sebagai seorang PNS yang notabene memiliki penghasilan tetap merupakan salah satu alasan mengapa kita harus selalu bersyukur apalagi di masa pandemi covid-19, ketika kondisi perekonomian banyak sekali perusahaan yang melakukan PHK terhadap karyawannya akibat dampak covid-19. Kita sebagai PNS alhamdulillah masih bisa tetap exist tanpa harus berhadapan dengan ancaman pemutusan hubungan kerja. Sikap mental selalu bersyukur dapat kita lakukan dalam kondisi apapun, bahkan ketika kita dalam kondisi paling kurang baik saat kita sakit ataupun dalam keadaan ekonomi kekurangan rasa syukur tetap dapat kita lakukan. Selalu bersyukur merupakan salah satu tips hidup bahagia tanpa syarat, dapat kita lakukan sejak bangun pagi bahkan ketika menjelang tidur, ketika kita memiliki rasa syukur maka kita akan merasa bahagia.

Selalu Bersedekah

        Sikap mental untuk selalu memberi merupakan tips hidup supaya kita bahagia tanpa syarat, dengan sedekah maka kita akan mendapatkan berkah setiap saat. Melakukan sedekah ketika dalam keadaan sempit maupun lapang sangat dianjurkan, bahkan Allah Swt lebih mencintai sedekah orang yang sedang diberi kesempitan dibandingkan sedekah orang yang sedang diberi kelapangan. Namun sedekah yang disertai dengan keikhlasan yang tentunya lebih utama, bukan berapa jumlah yang disedekahkan namun sikap mental kita ketika bersedekah juga menjadi penentu. Namun akan lebih baik lagi apabila jumlah yang kita sedekahkan besar dengan disertai rasa ikhlas pula. Secara realita rejeki kita khususnya uang, sebenarnya merupakan rejeki milik orang lain, karena ketika kita menerima gaji setiap bulan maka sudah kita distribusikan kepada orang lain, untuk memberi nafkah keluarga, membayar tagihan listrik, membayar SPP sekolah anak, semuanya merupakan saluran rejeki bagi orang lain. Sedekah yang kita berikan kepada orang lain pada dasarnya tidak akan pernah hilang, karena akan kembali kepada kita lagi dalam bentuk rejeki yang lain. Sehingga sangat jarang orang yang jatuh miskin disebabkan oleh karena rajin bersedekah, yang terpenting bagaimana rasa ikhlas kita ketika bersedekah. Sehingga orang yang selalu bersedekah pasti merasakan hidup bahagia tanpa syarat.

Hidup Untuk Beribadah

        Tips yang juga menjadikan hidup bahagia tanpa syarat adalah hidup untuk beribadah. Bagi umat Islam tentunya selalu mengerjakan sholat dan amal sholeh lain yang diperintahkan, demikian juga bagi keyakinan yang lain sesuai dengan yang diperintahkan agamanya masing-masing. Orang yang dekat dengan Tuhan merupakan orang yang paling bahagia, karena dengan mengingat-Nya maka hati kita selalu tenteram. Sebaliknya manusia yang jauh dari Tuhan hatinya pasti merasakan kegelisahan baik itu sedikit atau banyak, inilah mengapa orang yang tujuan hidupnya untuk beribadah pasti bahagia. Bahkan dalam kitab suci disebutkan kurang lebih “Demi waktu, sesungguhnya setiap manusia dalam keadaan merugi kecuali orang yang beriman dan beramal sholeh”. Bahkan tujuan manusia diciptakan sesungguhnya adalah untuk beribadah, beribadah di sini termasuk semua aktifitas yang kita lakukan keseharian baik itu ketika kita bekerja, menuntut ilmu. Orang yang tujuan hidupnya untuk beribadah pasti bahagia karena dekat dengan Tuhan dan mengerti tujuan hidup yang sebenarnya. Terimakasih semoga anda semua hidup bahagia.

 Penulis : Kanwil DJKN Jakarta

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini