Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Verifikasi Kompetensi Penilai Untuk Menjaga Kualitas Penilai Pemerintah
Okto Vierten  Masrel
Kamis, 08 Oktober 2020   |   196 kali

Bandung – Dalam rangka mewujudkan SDM Penilai yang profesional, Kanwil DJKN Jawa Barat mengikuti kegiatan Verifikasi Kompetensi Penilai Pemerintah di lingkungan DJKN Semester II Tahun 2020.  Kegiatan ini merupakan kegiatan tahunan yang diagendakan oleh Direktorat Penilaian Kantor Pusat DJKN yang dilaksanakan selain untuk mengukur tingkat kompetensi penilai juga untuk meningkatkan kemampuan dan pengetahuan para penilai DJKN, mengingat semakin beragam dan semakin kompleksnya tugas penilaian yang dihadapi oleh penilai DJKN. Selain itu, acara tersebut juga diselenggarakan untuk menguji kompetensi teknis bidang penilaian yang ditujukan bagi Pejabat Administrasi di Bidang Penilaian pada Kantor Wilayah DJKN.

Kegiatan tersebut diadakan pada hari Kamis (08/10/2020), menggunakan media aplikasi konferensi video daring Zoom, dan diikuti oleh 2 orang peserta dari Kanwil DJKN Jawa Barat, yaitu Kepala Bidang Penilaian, Acep Irawan, dan Kepala Seksi Penilaia II, Joko Susanto. Meskipun uji kompetensi ini menggunakan media daring, namun Direktorat Penilaian tetap meminta untuk menugaskan pejabat/pegawai yang membidangi kepatuhan internal di unit kerja masing-masing untuk mengawasi pelaksanaan ujian tersebut

Verifikasi Uji Kompetensi  yang telah dilaksanakan ini berguna untuk mengetahui dan meningkatkan pemahaman masing-masing Penilai terhadap konsep, teknik, dan metodologi sesuai dengan perkembangan ilmu di bidang penilaian. Selain itu, pemahaman terkait peraturan dan standar penilaian yang berkualitas adalah hal wajib yang harus ada dalam pelaksanaan profesi penilaian. Dalam menghadapi penugasan penilaian yang semakin kompleks, penilai harus terus menerus mengasah kemampuan, meningkatkan wawasan serta pengetahuan di bidang penilaian. Hasil verifikasi kompetensi penilaian ini dapat digunakan sebagai indikasi awal untuk memetakan kualitas penilai di lingkungan Kanwil DJKN Jawa Barat. Bagi peserta verifikasi kompetensi yang mendapatkan nilai di bawah standar, diprioritaskan untuk mengikuti diklat, lokakarya, in house training dan pelatihan di bidang penilaian. (Humas Kanwil DJKN Jabar)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini