Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Site Visit Sungai Citarik : Edukasi Untuk Membangun Kesadaran Masyarakat Dalam Rangka Menjaga Asset Negara
Okto Vierten  Masrel
Kamis, 23 Juli 2020   |   315 kali

Bandung - Bagi sebagian masyarakat, keberadaan aset negara yang menganggur di tempat mereka bermukim tidaklah begitu penting sehingga masyarakat cenderung tidak peduli dengan keberadaan aset tersebut. Bahkan banyak di antaranya yang tidak tahu bahwa mereka telah menggunakan aset tersebut tanpa izin atau bahkan hingga merusaknya.  Jika hal ini terus berlanjut, aset negara akan cepat rusak dan pada akhirnya akan menimbulkan kerugian negara. Oleh karena itu, perlu dilakukan sosialisasi dan edukasi untuk membangun kesadaran masyarakat dalam hal menjaga asset negara. Hal inilah yang mendasari Kanwil DJKN Jawa Barat untuk melakukan site visit kunjungan ke Sungai Citarik yang berlokasi di Desa Padamukti dan Desa Cibodas, Kecamatan Solokan Jeruk, Kabupaten Bandung yang tanahnya adalah asset negara yang dikelola oleh BBWS Citarum Kementerian PUPR pada Selasa (21/07/2020). Dalam kegiatan tersebut, Kanwil DJKN Jawa Barat mengajak masyarakat di sekitar Sungai Citarik untuk menjaga asset negara tersebut melalui pemanfaatan dan penataan menuju ekowisata berbasis komunitas.

Kegiatan site visit yang bertemakan “Bersama Masyarakat Citarik Mendukung Kegiatan Pemerintah Dalam : Membangun Kesadaran Masyarakat Dalam Menjaga Aset Negara Melalui Pemanfaatan dan Penataan Sungai Citarik  Menuju Ekowisata Berbasis Komunitas” ini merupakan hasil kolaborasi Kanwil DJKN Jawa Barat dengan BBWS Citarum serta para stakeholder lainnya untuk mengoptimalkan peran Pengelola Barang dalam menjalankan tugas dan fungsi pengelolaan kekayaan negara berbentuk lahan idle di sempadan sungai Citarik serta menjadi model pemanfaatan untuk jenis aset negara yang terbuka dan berhubungan langsung dengan masyarakat. Stakeholder yang turut hadir pada kegiatan tersebut antara lain adalah Ketua Satgas Citarum Harum, Mayjen (Purn) Dedi Kusnadi, Kepala BBWS Citarum Anang Mukhlis, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jawa Barat Prima Mayaningtias, perwakilan Dinas Lingkungan Hidup Kabupaten Bandung, perwakilan Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Kabupaten Bandung, Plt. Kapolsek Solokan Jeruk, Camat Solokan Jeruk yang didampingi Kepala Desa Padamukti dan Kepala Desa Cibodas. Hadir juga perwakilan akademisi dari Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran, perwakilan dari Lembaga Pengelola Dana Bergulir,  juga perwakilan dari berbagai komunitas yang berada di sekitar Sungai Citarik.

Acara tersebut dimulai dengan kegiatan olahraga bersepeda dan ekowisata menyusuri Sungai Citarik, yang dilanjutkan dengan penanaman bibit pohon langka di lahan oxbow Sungai Citarik. Pada kesempatan tersebut, Kepala Kanwil DJKN Jawa Barat, Tavianto Noegroho berharap penanaman tanaman dipinggir sungai ke depannya tidak hanya menambah keindahan, tetapi juga dalam rangka penataan sempadan sungai untuk membuat taman yang juga berfungsi sebagai penahan erosi. Keseluruhan konsep Pemanfaatan dan Penataan Sungai Citarik dalam proposal kegiatan ini pada akhirnya akan menciptakan suatu area rekreasi dan edukasi di seputaran Sungai Citarik  “Mungkin ke depannya di sini dapat dibuat zonasi untuk berbagai tema taman di sepanjang aliran Sungai Citarik sehingga dapat dijadikan area wisata seperti ekowisata menyusuri sungai dan kampung di sekitar Citarik” tutur pria berkacamata itu.

Untuk menjamin keberlangsungan program tersebut, diperlukan peran edukasi dan awareness yang terus menerus dilakukan, namun para stakeholder yang hadir pada kegiatan tersebut menyampaikan dukungan mereka terhadap proposal kegiatan dimaksud. Dukungan tersebut antara lain diberikan dalam bentuk penyerahan bibit tanaman kepada Perwakilan Masyarakat  oleh Ketua Harian Satgas Citarum Harum, dan penyerahan piagam partisipasi piloting project penataan Sungai Citarik yang meliputi wilayah Desa Cibodas dan Desa Padamukti kepada Camat Solokan Jeruk, Kades Cibodas dan Kades Padamukti oleh Kepala BBWS Citarum Harum, Penyampaian Panduan Rencana Ekowisata Citarik oleh Kadis Pariwisata dan Kebudayaan Kab. Bandung kepada Komunitas Citarik, Penyerahan Buku Panduan Pembiayaan UMKM kepada Komunitas UMKM Citarik dari Kementerian Koperasi (Dit. LPDB)  kepada APMIKINAS DPAC Citarik serta dukungan dari akademisi berupa Penyampaian Komitmen Kerjasama dari Fakultas Peternakan Universitas Padjadjaran kepada Komunitas Citarik Resik. (Humas Kanwil DJKN Jabar)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini