Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Implementasi Aplikasi SAKTI Tahap I Tahun 2018 : Migrasi Data Aplikasi SIMAK BMN ke Aplikasi SAKTI
Tantri Dewayani
Selasa, 20 Maret 2018   |   2177 kali

Bandung – Kementerian Keuangan melaksanakan kegiatan Tahap I Implementasi Aplikasi SAKTI Tahun 2018 berupa migrasi data saldo awal ke aplikasi Sistem Aplikasi Keuangan TIngkat Instansi (SAKTI) pada Selasa, (20/3) di Auditorium Gedung Keuangan Bandung, Jawa Barat.


Jumlah satuan kerja (satker) yang mengikuti kegiatan ini sebanyak 45 satker yang berasal dari unit eselon I Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), Badan Pendidikan dan Pelatihan Keuangan (BPPK), dan Sekretariat Jenderal. 


Kepala Kantor Wilayah DJKN Jawa Barat Nuning Sri Rejeki Wulandari selaku Kepala Perwakilan Kementerian Keuangan Jawa Barat pada pembukaan acara menyampaikan bahwa Aplikasi SAKTI merupakan perwujudan komitmen Kementerian Keuangan dalam proses Reformasi  Birokrasi dan Transformasi Kelembagaan dengan mengusung konsep perubahan proses bisnis dalam penganggaran dan pelaporan bidang keuangan. “Validitas data awal akan mempengaruhi keberhasilan proses migrasi data aplikasi SIMAK BMN ke aplikasi SAKTI,” papar Nuning.


Kegiatan migrasi data saldo awal ke aplikasi SAKTI satuan kerja unit eselon I DJKN, BPPK, dan Sekretariat Jenderal ini didampingi oleh Biro Perencanaan dan Keuangan dan Biro Perlengkapan Sekretariat Jenderal, serta Direktorat Sistem Informasi Transformasi Perbendaharaan Direktorat Jenderal Perbendaharaan.


Kasubdit pada Direktorat Sistem Informasi Transformasi Perbendaharaan Direktorat Jenderal Perbendaharaan Moh. Ali Hanafiah dalam arahannya menjelaskan proses terbentuknya SAKTI yang merupakan pengintegrasian berbagai sistem aplikasi pengelolaan keuangan yang saat ini berlaku, yaitu aplikasi SAS (Sistem Aplikasi Satker) pada bendahara, aplikasi RKAKL pada penganggaran, aplikasi Simak BMN pada persediaan, serta aplikasi SAIBA pada laporan keuangan. "Dengan terintegrasinya seluruh sistem aplikasi pengeloaan keuangan negara ini, akan memudahkan dalam pengambilan data dan dalam fungsi pengawasan keuangan negara," ujar Ali.

Kegiatan  migrasi data saldo awal ke aplikasi SAKTI di Bandung ini berlangsung mulai tanggal 20 Maret s.d. 23 Maret 2018. (naskah : tantri, foto : sony, Kanwil DJKN Jabar)

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini