Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Bali dan Nusa Tenggara > Berita
Melajah Basa Bali: Wadah Pegawai Kanwil DJKN Balinusra Untuk Belajar Bahasa Bali
Dedy Widia Hananto
Kamis, 07 Maret 2024   |   34 kali

    Pegawai Kanwil DJKN Balinusra bersama - sama mengikuti kegiatan Melajah Basa Bali pada Kamis, 7 Maret 2024, di Aula Kanwil DJKN Bali dan Nusa Tenggara. Melajah Basa Bali yang berarti Belajar Bahasa Bali ini diselenggarakan dalam rangkaian kegiatan Kamis Darma, yang merupakan inovasi dari Bagian Manajemen Perubahan Tim Pembangunan ZI-WBBM Kanwil DJKN Bali dan Nusa Tenggara.

    I Komang Eka Diana, selaku Sekretaris Tim Pembangunan ZI-WBBM dalam paparannya menjelaskan bahwa kegiatan Melajah Basa Bali merupakan salah satu sarana membangun Kompetensi Sosial Kultural bagi para pegawai di Kanwil Bali dan Nusa Tenggara, khususnya dalam mengelola keberagaman dan meningkatkan kesadaran multikultural secara efektif yang dapat mendukung efektifitas organisiasi. "Kegiatan ini juga bertujuan untuk peningkatan komunikasi dengan instansi lainnya sebagai bagian dari Lingkungan Pengendalian Internal," jelasnya.

    Selanjutnya pria yang akrab disapa dengan Bli Komang ini menyampaikan beberapa kosa kata bahasa bali yang dapat digunakan untuk meningkatkan kedekatan dengan lawan bicara, diantaranya kata sapaan, bertanya kabar, undur diri, dan mengucapkan terima kasih. "Untuk bertanya kabar, bisa dengan Sapunapi Gatra (dibaca: Sapunapi Gatre) atau Sapunapi Gatrane untuk logat buleleng." ujarnya memberi contoh.

    Dalam kegiatan ini, terlihat antusiasme dari para pegawai, mulai dari membantu memberikan penjelasan penggunaan kata, memberikan contoh, sampai menanyakan arti dari kata dalam bahasa bali yang sering diperdengarkan di tempat umum, misalnya di bandara. Harapannya dengan kegiatan ini, pegawai Kanwil DJKN Balinusra khususnya yang berasal dari luar daerah bali dapat berinteraksi sosial dengan masyarakat sekitar karena bahasa merupakan salah satu unsur dari budaya serta dapat mengimplementasikan kosakata bahasa Bali yang sering digunakan dalam pergaulan sehari-hari.

Foto Terkait Berita
Kontak
Jl. Dr. Kusuma Atmaja Gedung Keuangan Negara I, Renon Lt.3 Denpasar - 80235
(0361) 235454, 226703
(0361) 226703
kanwilbalinusra@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini