Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Lelang Produk UMKM di KBS Festival Denpasar
Yuniantoro Sudrajad
Jum'at, 18 Agustus 2023   |   50 kali

 Denpasar – Pada hari Rabu tanggal 16 Agustus 2023 diselenggarakan kegiatan Lelang Produk UMKM binaan Pemprov Bali yang dimulai pukul 19.10 - 20.10 WITA bertempat  di Lapangan Puputan Margarana, Niti Mandala, Denpasar. Kegiatan ini merupakan sinergi dan kolaborasi dari KPKNL Denpasar bersama Kanwil DJKN Bali dan Nusa Tenggara sebagai bentuk implementasi Inisiatif Strategis Sinergi Pemberdayaan UMKM  Provinsi Bali. Kegiatan yang digelar bersamaan dengan  gelaran Kolaborasi Bali Era Baru Smart (KBS) Festival 2023 ini merupakan gelaran Pemprov Bali dibawah koordinasi Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Provinsi Bali untuk memperingati Hari Jadi Pemerintah Provinsi Bali ke-65. Kegiatan produk lelang UMKM ini sebagai wujud nyata Kanwil DJKN Bali dan Nusa Tenggara dan KPKNL Denpasar  untuk membantu pelaku usaha UMKM yang terpuruk sebagai dampak pademi Covid-19 dan sebagai tindaklanjut dari Keputusan Menteri Keuangan  Nomor 396/KMK.01/2022 tentang Program Sinergi Pemberdayaan Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah Kementerian Keuangan. Turut hadir dalam kegiatan pada Lelang UMKM kali ini yaitu Gubernur Bali beserta Wakil Gubernur, Para Kepala Dinas di SKPD Pemprov Bali, Kepala Kepolisian Daerah Bali, Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan Hak Asasi Manusia Prov Bali, Ketua DPRD Tingkat I Provinsi Bali dan undangan baik dari Perbankan,Swasta dan Kementerian/Lembaga Negara

   Kegiatan lelang ini diikuti oleh UMKM binaan Pemprov Bali sebagai wujud peran nyata Kemenkeu yang bertujuan untuk memperkenalkan produk UMKM kepada masyarakat luas dan membantu pelaku usaha UMKM dalam mempromosikan hasil produk UMKM. Lelang UMKM diikuti sebanyak 15 pelaku usaha yang bergerak dibidang tas, pakaian, patung dan lukisan. Kegiatan lelang UMKM ini  juga sebagai ajang promosi para pelaku UMKM yang efektif dalam peningkatan jumlah pelanggan dan membuat produk UMKM laku terjual dengan cepat karena banyaknya pengunjung yang hadir.  Selain itu, lelang ini ikut membantu UMKM di Provinsi bali untuk tumbuh dan berkembang  serta diberdayakan. Selain itu, Kanwil DJKN Bali dan Nusa Tenggara bersama KPKNL Denpasar terus mendorong digitilisasi UMKM melalui aplikasi lelang go.id. agar UMKM tersebut dapat memasarkan produk - produknya secara online.  

 Adapun produk UMKM  yang dilelang merupakan barang yang eksklusif, asli    produk kerajinan Bali, dan diproduksi terbatas, satu-satunya serta pembuatannya memerlukan waktu yang lama dan butuh keterampilan        khusus pengerajinnya seperti  :

1.    Tas Worka Bag Amerta Collection. Amerta merupakan bahasa Sansekerta yang memiliki arti kekal dan abadi. Filosofi tas ini mengajarkan bahwa meskipun segala sesuatu dalam hidup ini fana dan akan berlalu, tetapi nilai-nilai kehidupan yang baik dan kebaikan yang kita lakukan akan terus hidup dan kekal. Ukuran 29 x 8 x 40cm. (Laku terjual lelang dengan harga Rp.1.000.000,-)

2.    Lukisan Dewa Siwa . Melukiskan Dewa Siwa yang memiliki peranan penting di Agama Hindu. Dewa siwa termasuk dalam tiga dewa tertinggi atau utama dan paling dimuliakan daripada dewa lainnya, yang disebut Trimurti. Ukuran 20 x 30 cm. (Laku terjual lelang dengan harga Rp.3.000.000,-)

3.    Jaket Endek. Jaket yang dipersiapkan di G-20 ini dibuat dari benang berkualitas tinggi dengan pola/corak Bali. (Laku terjual lelang dengan harga Rp.1.000.000,)

4.    Patung Uang Kepeng. Patung yang proses pembuatannya menerapkan filosofi atau pakem dari bali Heritage memeiliki arti uang sebagai berkah dari langit. (Laku terjual lelang dengan harga Rp.10.100.000,-)

5.    Tas Agel. Tasdari Gianyar ini merupakan produk UMKM yang memanfaatkan bahan baku yang ramah lingkungan. (Laku terjual lelang dengan harga Rp.500.000,-)

6.    Kemeja Endek Pria Size L. Kemeja merupakan desain dari gede Yudi yang merupakan produk dari kain tenun ikat khas Bali yang unik dan sakral. (Laku terjual lelang dengan harga Rp.1.000.000,-)

7.    Handbag Kulit. Tas dengan sentuhan kulit I tatah dengan nuansa Bali yang menggambarkan kemewahan  dan keanggunan. ( Laku Terjual lelang dengan harga Rp.1.100.000)

8.    Telur bergambar. Lukisan tradisional Bali yang dibuat di media telur dengan tinggi 8cm. Membutuhkan kehati-hatian dan profesionalisme yang tinggi karena media yang sangat unik. Membutuhkan waktu pengerjaan 3 hari. (Tidak Ada Penawaran)

9.    Selendang tenun. Terbuat dari benang berkualitas dengan pewarnaan menggunakan daun sebagai bahan baku pewarnaannya. (Tidak Ada Penawaran)

10.  Lukisan Gadis. Ukuran 30 cm x 40 cm Cat Minyak Di atas Kaca Menggambarkan kecantikan, keelokan, dan pesona gadis Bali yang dilukis di atas media kaca. (Tidak Ada Penawaran)

11.  Handbag Akusara. Tas yang menggambarkan keberanian, keyakinan, dan semangat dalam menjalani hidup. Tas berbahan Kain Goni , Kulit Sapi yang dipahat , untuk liningnya Kanva s K a t u n. (Laku terjual lelang dengan harga Rp.951.000,-)

12.  Lukisan Dewa Siwa dan Pengawal. Lukisan ukuran 52 cm x 66 cm Lukisan Kamasan Maha Dewa atau Dewa Siwa memiliki kekuatan yang sangat besar memiliki sıfat yang tak memiliki awal dan tak memiliki ahir, wujud dewa yang paling sakti dan sangat ditakuti para Asura. Diyakini Dewa Siwa adalah wujud Dewa yang sangat Agung dan memiliki pengikut yang setia. (Laku terjual lelang dengan harga Rp. 4.100.000,-)

13.  Tas Selempang kulit dan Canvas. Tas canvas dengan motif printing yang authentic, keindahan dan kemewahan bahan kulit sapi dengan lapisan suede di dalamnya. Dilengkapi tali panjang. (Laku terjual lelang dengan harga Rp.550.000,-)

14.  Waist Pack For Men. Ukuran 14 x 5 x 26cm Berbahan Kain goni dikombinasikan dengan Endek Bali Cocok digunakan baik pria maupun wanita dengan kualitas pembuatan yang rapi dan berkualitas. Bahan biodegradable. (Laku terjual lelang dengan harga Rp.500.000,-)

15.  Blazer Endek. Blazer dengan bahan dasar halus dengan modif endek cantik yang elegan untuk dipakai di acara sehari-hari maupun dalam kegiatan formal. (Laku terjual lelang dengan harga Rp.701.000,-)

        Kegiatan lelang produk UMKM ini dilaksanakan secara luring yang dilakukan secara terbuka dengan penawaran naik-naik. Dari hasil penjualan lelang 15 produk UMKM ini telah laku terjual lelang sebanyak 12 barang dengan nilai keseluruhan sebesar Rp 24.502.000,00  sedangkan untuk barang yang tidak laku berjumlah 3 buah.  Kreatifitas dan keunikan produk UMKM khas Bali menjadi titik fokus optimalisasi kegiatan lelang ini. Pelaku UMKM dituntut untuk berkreasi dan membuat produk UMKM-nya memiliki kekhasan khusus, terbatas, unik dan inovatif sehingga mampu bersaing dan berbeda dengan produk sejenisnya. Hal ini penting untuk memenangkan persaingan usaha sesuai dengan estimasi pembeli produk UMKM. Selain itu, kegiatan lelang produk UMKM juga mengenalkan dan mempromosikan aplikasi lelang.go.id  agar semakin dikenal oleh masyarakat dan dapat menjadi alternatif pemasaran produk yang murah (tanpa biaya permohonan) dan perluasan segmentasi pasar produk UMKM.  

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini