Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Menakjubkan, Lelang Karya Seni Anak Negeri Laku Rp1,7 miliar
Ferry O. Sunggu
Senin, 22 Juli 2019   |   527 kali

Gianyar (20/7) - PT Balai Lelang Larasati kembali menyelenggarakan lelang benda seni karya anak bangsa dan perupa internasional berupa lukisan. Lelang yang digelar hari Sabtu di Larasati Bali Art Space (LBAS) Tebesaya Galllery, Jalan Jatayu, Banjar Tebesaya, Peliatan, Ubud, Gianyar, Bali itu dipimpin Pejabat Lelang Kelas II Ni Luh Pujiantini. Sebanyak 92 lukisan dari berbagai macam aliran ditawarkan pada lelang yang bertajuk “Tradisional Modern and Temporary Art”. Dalam lelang tersebut sebanyak 45 lot terjual dengan harga lebih dari 1,7 milyar rupiah.

Lelang dibuka oleh Direktur Utama PT. Balai Lelang Larasati, Daniel Komala yang dilanjutkan pejabat lelang kelas II Ni Luh Pujiantini. Daniel berkeinginan Balai Lelangnya dapat menjangkau seniman dan peminat seni di wilayah Bali untuk berperan serta dan menjalin kerja sama untuk memasarkan karya seni di Bali.

Lelang konvensional ini ‘menyedot’ antusiasme peserta, baik peserta dari dalam negeri maupun luar negeri. Kantor Wilayah DJKN Bali dan Nusa Tenggara pun hadir diwakili oleh Kepala Seksi Bimbingan Lelang I, Arif Wicaksono melakukan pemantauan pelaksanaan lelang non eksekusi sukarela tersebut.

Balai Lelang Larasati menunjuk Yuanita Sawitri yang sudah sering menjadi pemandu lelang.  Dengan piawai  dia mengajak para penawar untuk menawar setinggi-tingginya masing-masing lot barang.

“Menakjubkan” kata yang pas untuk menggambarkan hasil lelang. Salah satu lukisan yang merupakan karya Ida Bagus Made Poleng dengan judul “Woman with offering at the Sawah Scene”, Acrylic On Canvas, 54 x 41 cm, berhasil mencapai harga tertinggi 370 juta rupiah.

Selain peminat melakukan penawaran langsung, lelang hari itu juga dilakukan dengan cara penawaran tanpa kehadiran peserta yakni penawaran melalui telepon dengan menggunakan teknologi internet live auctions.

Saat wawancara Arif menyampaikan agar kerja sama antara PL kelas II dan Balai Lelang yang khusus melelang benda seni dapat ditingkatkan sehingga dapat menjangkau karya seniman seniman yang saat ini masih tersebar wilayah Bali supaya diikutsertakan dalam pameran dan lelang lukisan tersebut. (Teks/Foto: fos/bidang lelang, edit:bidang lelang)


Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini