Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Kanwil DJKN Bali dan Nusa Tenggara > Artikel
Kerajinan bambu produk UMKM Kabupaten Buleleng
Yuniantoro Sudrajad
Selasa, 13 Juni 2023   |   275 kali

Denpasar- (13/06)   Kerajinan anyaman Bambu milik Indra merupakan salah satu produk andalan dari Kabupaten Buleleng. Berbagai macam bentuk kerajinan baik tas, dompet tempat makanan dibuat dari anyaman bambu. Produk UMKM ini juga  melibatkan penyandang difabel dalam bisnisnya. Kerajinan bambu yang banyak dikenal dengan sebutan keben dan banyak diminati di Bali, bisa dipake tempat banten, dibawa kundangan dan dipake souvenir serta banyak model produk unggulan sesuai selera pemesan. Keben ini juga banyak diminati wisatawan karena bentuk yang unik dan ramah lingkungan.  Setidaknya ada beberapa difabel di dalam bisnis anyaman bambu ini. Kerajinan bambu ini
  telah mendapatkan pelatihan peningkatan keterampilan menganyam dari program RIF tahap ketiga. Produk anyaman bambu Pak Indra memiliki daya tarik yang tinggi bagi para pengunjung lokal maupun mancanegara. Produk ini menyediakan beberapa model dan ukuran yang berbeda-beda dengan memperhatikan fungsionalitas produk, seperti misalnya tas keranjang yang dapat ditambahkan tulisan sesuai permintaan pembeli. Selain itu, prduk ini memiliki keunikan tersendiri dimana  memiliki rongga anyaman yang lebih lebar dengan motif yang berbeda.

        Anyaman bambu Bali Indra selama ini berhasil terjual hanya di Kabupaten Buleleng dan sekitarnya dengan cara pemasaran offline yang daya jangkaunya terbatas. Adanya pandemi COVID-19 juga berdampak pada penjualan sehingga pendapatan mereka pun menurun drastis. Anyaman bambu Bali Indra dinilai perlu untuk membuat model baru yang dapat bersaing di pasar yang lebih luas.  Program RIF yang didanai oleh Pemerintah Kanada melalui proyek NSLIC/NSELRED membantu BumdesMa Bali Aga dalam meningkatkan kualitas anyaman maupun desainnya, memperkuat kelembagaan di kawasan perdesaan dan mengajarkan teknik pemasaran digital. Saat ini Bali Aga sudah memiliki akun Instagram dan Tokopedia dengan nama Bambu Bali Indra.  

 

 

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini