Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Manajemen Konflik
I Dewa Ayu Oka Maya Saputri Artini
Selasa, 27 September 2022   |   34429 kali

Dalam organisasi sering kita mendengar kata Manajemen konflik.

Apa sih manajemen konflik itu ?

Yuk kita belajar mengenai manajemen konflik.

Manajemen adalah pengelolaan untuk mengatur sebuah organisasi atau sekelompok orang untuk mencapai tujuan organisasi. Sedangkan konflik adalah proses dua orang atau lebih yang melakukan tindakan untuk menyingkirkan orang lain.

Jadi Manajemen Konflik adalah usaha-usaha yang perlu dilakukan dalam rangka mencegah, menghindari terjadinya konflik serta mengurangi resiko dan tidak mengganggu kinerja organisasi.

Mengapa di dalam organisasi diperlukan manajemen konflik?

Adanya Manajemen konflik di organisasi bertujuan untuk menghindari konflik yang terjadi di lingkungan organisasi, bila terjadi konflik di dalam organisasi sebagian besar dapat mengakibatkan stress  dan ketegangan pegawai. Dengan adanya manajemen konflik diharapkan pegawai dapat bekerja dengan baik , tidak membawa  stress dan ketegangan karena konflik  ke rumah masing-masing.

 

Bagaimana cara mengatasi konflik dalam organisasi ?

Hindari menyudutkan satu belah pihak, hindari saling menyalahkan.  Apa bila di dalam organisasi terdapat konflik, yang berperan penting di dalam  menyelesaikan konflik tersebut adalah seorang pemimpin . Pemimpin organisasi haruslah adil dan tidak memihak siapapun, mampu menjadi  mediator yang bijaksana, sehingga di dalam mengabil suatu keputusan semua pihak dapat menerima hasil putusan dan berbesar hati untuk menerima, serta seorang pemimpin dapat melakukan evaluasi dari konflik yang terjadi dan mampu melakukan mediasi , menjadi mediator agar konflik tersebut tidak menjadi lebih besar. Mediasi merupakan  proses dan langkah spesifik yang dapat dilakukan untuk mencapai hasil yang solutif dan diterima semua orang

 

Seringkali kita berpura-pura tidak mengetahui, menghindari dan bahkan mengabaikan  adanya perselisihan di lingkungan kerja , sehingga konflik itu menjadi besar, seperti api dalam sekam, yang lambat laun akan menjadi penghambat di dalam mencapai tujuan organisasi. Mari kita di dalam organisasi selalu menjaga hubungan yang baik, pikiran yang baik, jangan menyalahkan orang lain, mau mendengar dan menghargai pendapat dan selesaikan masalah bersama-sama. (Foto  oka maya saputri)

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Foto Terkait Artikel
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini