Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Jayapura > Berita
Festival Danau Sentani 2023
Nabhan Shidqi Farghani
Kamis, 06 Juli 2023   |   471 kali

Pada Rabu (5/7/2023), KPKNL Jayapura mengadakan peliputan ke acara Festival Danau Sentani yang ke-13. Festival ini direncanakan berlangsung pada tanggal 5-7 Juli 2023, di Kampung Harapan, Distrik Sentani Timur. Festival Danau Sentani (FDS), acara tahunan yang diselenggarakan di Kabupaten Jayapura, khususnya di masyarakat adat Sentani, ternyata memiliki makna dan sebutan tersendiri dalam adat dan bahasa lokal.


Festival Danau Sentani merupakan sebuah warisan tradisi leluhur dari masyarakat Sentani yang dijadikan sebuah event pariwisata oleh Pemerintah Kabupaten Jayapura. Festival ini sangat penting untuk dipertahankan karena mengandung atraksi budaya masyarakat adat Sentani yang pernah dilakukan oleh leluhur mereka.

 

Festival Danau Sentani XIII kali ini mengangkat tema "Sagu Adalah Hidupku". Tema ini dipilih oleh Pemerintah Kabupaten Jayapura dengan tujuan mengangkat pentingnya sagu sebagai pangan lokal yang memiliki kaitan erat dengan sejarah hidup masyarakat Papua.

 

Dengan mengusung tema yang bernuansa lingkungan dan budaya lokal, FDS XIII diharapkan dapat menjadi momen yang berkesan dan memberikan dampak positif bagi masyarakat adat Sentani, serta meningkatkan kesadaran akan pentingnya menjaga keanekaragaman budaya dan lingkungan di Papua.


KPKNL Jayapura mengapresiasi event-event yang melestarikan budaya lokal, diharapkan dengan adanya acara tersebut dapat memperkenalkan budaya lokal ke masyarakat luas serta menambah kecintaan terhadap budaya tersebut pada generasi penerus di masyarakat wilayah sentani.

Foto Terkait Berita
Kontak
Gedung Keuangan Negara Jayapura, Lantai 4, Jalan Ahmad Yani No.8, Gurabesi, Jayapura Utara, Kota Jayapura, Papua 99111
(0967) 534641
-
kpknljayapura@kemenkeu.go.id
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini