Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Sosialisasi Program Afirmasi PKN STAN
Nabhan Shidqi Farghani
Rabu, 01 Maret 2023   |   4324 kali

    Selasa (28/2) KPKNL Jayapura mengadakan acara sosialisasi Program Afirmasi Polteknik Keuangan Negara STAN (PKN STAN) di SMAN 2 Jayapura. PKN STAN merupakan pendidikan tinggi kedinasan di bawah Kementerian keuangan yang menyelenggarakan pendidikan program studi Diploma bidang keuangan negara. Kepala KPKNL Jayapura, Dadang Eko Darminto dalam sambutannya berpesan kepada siswa siswi SMAN 2 Jayapura untuk memanfaatkan program Afirmasi PKN STAN sebaik-baiknya khususnya putra putri asli Papua, mengigat lulusan PKN STAN dapat diangkat menjadi ASN.

    Pelaksana Sub bagian umum KPKNL Jayapura sekaligus alumni PKN STAN, Ahmad Hifdi Bayu Pramana mengatakan bahwa siswa siswi SMAN 2 Jayapura tidak usah ragu dengan latar belakang jurusan yang saat ini diambil, baik IPS maupun IPA dan bahkan SMK semua punya kesempatan yang sama untuk mendaftar di PKN STAN. Melalui Program Afirmasi, peserta seleksi hanya akan bersaing di tingkat provinsi papua dan mempunyai kesempatan yang lebih besar lulus dibandingkan dengan daerah non afirmasi.

Apa itu Program Afirmasi PKN STAN?

    Program Afirmasi adalah program penerimaan mahasiswa baru yang dikhususkan untuk putra-putri dari Kabupaten/Kota tertentu di wilayah Program Afirmasi Provinsi Papua, Papua Barat, Papua Barat Daya, Papua Tengah, Papua Selatan, Papua Pegunungan, Maluku, Maluku Utara, Nusa Tenggara Timur, Sumatera Utara, Sulawesi Tengah, Aceh, Riau, Kepulauan Riau, Kalimantan Barat, Kalimantan Utara, dan Sulawesi Utara untuk mengisi formasi/kebutuhan pegawai Kementerian Keuangan, Kementerian/Lembaga Lainnya, atau Pemerintah Daerah sesuai dengan formasi/kebutuhan yang tersedia pada tahun yang bersangkutan.

Apa saja persyaratannya?

Persyaratan untuk mendaftar Program Afirmasi PKN STAN, untuk peserta dari Afirmasi Pendidikan Menengah (ADEM), memiliki surat keterangan dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat yang menyatakan bahwa peserta merupakan peserta ADEM. Adapun untuk peserta dari Afirmasi non-ADEM, 

  1. Telah menyelesaikan SD, SMP dan SMA (atau yang sederajat) di Kabupaten/Kota program afirmasi yang dibuktikan dengan ijazah,
  2. Pendaftar bertempat tinggal di daerah afirmasi yang dibuktikan dengan Kartu Tanda Penduduk (KTP) dan telah tinggal sekurang-kurangnya 10 (sepuluh) tahun di wilayah afirmasi yang dibuktikan dalam surat keterangan dari Lurah atau Kepala Desa; dan
  3. Memperoleh rekomendasi dari Sekolah Menengah Atas (SMA) atau yang sederajat.

    Kementerian Keuangan terus memberikan kesempatan yang adil dan akses pendidikan dan pengajaran yang berkualitas bagi putra-putri terbaik bangsa dalam membangun keberagaman sumber daya pengelola keuangan negara serta menyelenggarakan kegiatan tridarma yang bermutu tinggi sebagai hasil sintesa pengetahuan dan praktik pengelolaan keuangan negara.  

Zona Integritas Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani

    KPKNL Jayapura merupakan Instansi Vertikal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) yang berada dan bertanggung jawab langsung kepada Kantor Wilayah DJKN Papua, Papua Barat dan Maluku di bawah Kementerian keuangan. KPKNL Jayapura telah memperoleh status ZI WBK pada tahun 2021 dan sedang berjuang untuk memperoleh status ZI WBBM tahun 2023.

    Dalam usaha KPKNL Jayapura mewujudkan birokrasi yang efektif dan efisien, KPKNL Jayapura telah menerapkan perbaikan SOP layanan unggulan, membangun komunikasi untuk bersinergi dengan stakeholder, dan melakukan monitoring dan evaluasi atas feedback dan masukan dari stakeholder atas kegiatan yang dilakukan.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini