Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Jayapura > Artikel
Papua Penuh Damai
Nabhan Shidqi Farghani
Senin, 25 April 2022   |   2300 kali

    Pernahkah kamu mendengar kalimat “Papua Penuh Damai”? Apa yang terlintas setelah mendengarkan kata itu? Sepertinya kalimat ini sudah tidak asing lagi bagi masyarakat Papua. Papua terkenal dengan keindahan alam dan ragam budayanya yang membuat daerahnya menjadi unik. Salah satu yang menjadi ikon unik dari Papua adalah makanan khasnya yang dikenal dengan Papeda. Nama yang mengambil singkatan dari “Papua Penuh Damai”.

    Keunikan makanan Papeda dilihat dari teksturnya yang menyerupai lem. Tekstur putih kenyal dan lengket tersebut merupakan olahan tepung sagu yang berasal dari pohon sagu, makanan yang sudah dianggap sebagai pengganti nasi bagi masyarakat Papua. Mengikuti sejarah yang ada, ternyata makanan khas Papeda selalu disediakan pada saat acara pertemuan antar suku/adat dan juga pada saat syukuran. Dalam pandangan masyarakat Papua, Papeda memiliki arti tersendiri yaitu Papua Penuh Damai dimana bisa membuat semua keberagaman dan atau perbedaan itu menjadi satu sehingga aman dari konflik antar suku/adat di dalam Papua. Itulah simbol makna Papeda bagi masyarakat Papua.

    Berangkat dari sejarah, Papeda sama halnya seperti nasi yang biasa dimakan dengan lauk dan sayur. Namun, Papeda lebih cenderung dengan lauk seperti ikan kuah kuning dan tumis sayur kangkung. Itulah mengapa Papeda dianggap sebagai pengganti nasi. Setelah ditelusuri ternyata Papeda memiliki manfaat yang bagus untuk kesehatan tubuh daripada nasi. Tekstur makanan yang dianggap seperti lem ini ternyata memiliki banyak manfaat yang baik untuk tubuh, salah satunya mampu dengan perlahan membersihkan paru-paru seorang perokok.

    Makanan Papeda masih lestari dan populer di kalangan masyarakat Papua sampai sekarang. Sebagai warisan budaya nenek moyang, tentu kita berharap makanan khas unik dari Papua ini bisa terus ada dan lestari di masa yang akan datang. Apalagi manfaat dari makanan ini yang menyehatkan.

    Jadi, bagi kalian yang ingin berkunjung ke Papua, jangan lupa untuk meluangkan waktu mencoba kuliner khas Papua  yaitu Papeda. Selain pengalaman rasa yang unik, bentuk dan tekstur yang khas, akan menjadi pengingat bagi siapapun yang pernah mencobanya. Dan lebih penting lagi yaitu menghayati arti dari makanan ini, salam cinta “Papua Penuh Damai”.

 

 

 

 

 

 

 

 

 

 

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini