Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Jayapura > Artikel
Penerapan Coworking Space di KPKNL Jayapura
Febri Maruli Sitompul
Senin, 20 Desember 2021   |   249 kali

Pandemi Covid-19 menuntut pekerjaan pegawai KPKNL Jayapura untuk terus berinovasi demi tetap menjaga dan meningkatkan kualitas pelayanan kepada para stakeholder. Sistem dan budaya kerja baru juga harus dibangun untuk merespon situasi pandemi yang melanda dan tuntutan untuk terus meningkatkan kinerja.


Pada bulan November 2021, KPKNL Jayapura menempati Gedung Keuangan Negara baru dimana gedung tersebut menerapkan sistem kerja baru bernama Coworking Space.


Apa itu Coworking Space? Coworking Space adalah ruang kerja baru dimana pengguna bekerja dengan orang-orang lain dari perusahaan/organisasi yang berbeda di satu tempat. Coworking space berasal dari bahasa Inggris yang berarti ruang yang digunakan untuk bekerja, menghasilkan karya secara bekerja sama baik antar individu maupun antar organisasi. Coworking space sudah diterapkan di beberapa perusahaan ternama dunia seperti perusahaan startup dan dilakukan mulai pada tahun 2010.

Lantas bagaimana dengan coworking space di KPKNL Jayapura?

Sebagaimana konsep coworking space sesungguhnya, para pegawai KPKNL Jayapura bekerja bersama dengan sistem kolaborasi antar individu dan seksi manapun tanpa dibatasi ruang dan penyekat. Para pegawai dibiasakan bekerja berkolaborasi sebagai tim untuk memberikan output layanan dan capaian terbaik sesuai tugas yang dibebankan.

Dan untuk suksesnya sistem coworking space di KPKNL Jayapura, KPKNL Jayapura menciptakan sistem Network Attached Storage (NAS) yang berguna sebagai alat penyimpanan fisik terpadu dari semua jaringan komputer pegawai yang dapat diakses secara online. Dengan adanya Network Attached Storage (NAS) ini, kini para pegawai dapat menempati tempat duduk kantor mana saja dan bebas menggunakan komputer kantor di meja manapun yang tersedia. Bagi pegawai yang sedang melaksanakan work from home (WFH) pun tidak ada kendala dalam mengakses seluruh file yang ada di kantor, karena semua dokumen dalam NAS dapat diakses dari mana saja.

Dengan inovasi coworking space dan Network Attached Storage (NAS) yang telah dibangun, kedepan kami berharap dapat selalu meningkatkan kinerja dan layanan bagi semua pengguna jasa, membangun negeri dari timur Indonesia.


Penulis : Febri Maruli Sitompul - Seksi Hukum dan Informasi

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini