KPKNL Bekasi
Kilas Peristiwa DJKN

KPKNL Bekasi Gelar Kunjungan Ke Panti Asuhan Sembari Peringati Hari Kartini Tahun 2019

Rabu, 24 April 2019   |   0 kali

Bekasi (22/4) Mengisi peringatan Hari Kartini tahun 2019, KPKNL Bekasi disela waktu istirahat siang dengan beranjangsana ke Panti Asuhan yang berlokasi tidak jauh dari lingkungan kantor. Acara yang sebetulnya rutin diadakan setiap tahunnya digagas para Kartini hebat KPKNL Bekasi dengan memanfaatkan momen peringatan Hari Kartini.  

Dalam rangka mempersiapkan acara tersebut dibentuklah suatu panitia kecil yang diketuai oleh Kepala Subbagian Umum KPKNL Bekasi, Titi Purwanti. Persiapan dilakukan sejak awal April 2019 dimulai dari penggalangan dana, pengumpulan pakaian layak pakai, dan menghimpun sumbangan dari pegawai dalam bentuk apapun.

Kepala KPKNL Bekasi, Partolo menyambut baik serta mendukung penuh rencana kegiatan tersebut, serta menghimbau agar seluruh pegawai, honorer, pegawai OJT KPKNL Bekasi tanpa terkecuali untuk ikut berpartisipasi. Partolo mengatakan bahwa “Allah telah memberikan banyak sekali nikmat dan karuniaNya, sehingga saatnya kita berbagi sedikit rezeki kepada siapapun yang saat ini masih belum beruntung”. Seberapapun sumbangan dan materi yang diberikan akan sangat bermanfaat bagi sesama.

Adalah Panti Asuhan Min Fadli Robbi, terletak di Desa Karang Satria Kecamatan Tambun Utara Kabupaten Bekasi yang ditunjuk KPKNL Bekasi untuk melaksanakan kegiatan bhakti sosial bertajuk “KPKNL Bekasi Berbagi” dimaksud. Panti Asuhan yang terletak di perumahan warga ini diasuh oleh Hj. Ida Aqidah Hasan yang akrab disapa Bunda Ida.

Panti Asuhan saat ini dihuni oleh lebih dari 50 orang anak Yatim, Piatu dan Dhuafa. Anak-anak di panti ini memiliki asal, latar belakang. dan beragam cerita, mulai dari anak yang ditemukan di stasiun, di pinggir jalan, yang diantarkan dari rumah sakit, dan ada pula karena ayah atau ibunya yang telah meninggal dunia.

Tidak semua anak-anak tersebut dalam kondisi sehat, ada beberapa anak yang menderita penyakit cukup parah seperti kanker mata, autis, hernia dan lainnya. Bunda Ida menyampaikan bahwa sejak suaminya meninggal 19 tahun yang lalu, dia mengelola panti tersebut sebagai amanat dari almarhum, agar harus tetap berusaha mengasuh, mendidik dan membiayai anak-anak tersebut.

Selain anak-anak yang berada di Panti tersebut, Ida masih memiliki lebih dari 200 orang anak asuh yang berada di sekitar panti, sebab Ida hanya mengizinkan anak-anak yang tidak memiliki keluarga untuk menginap dan tinggal di dalam Panti karena keterbatasan fasilitas yang dimiliki.

Pagi hari saat mempersiapkan kunjungan, Titi Purwanti menyampaikan laporan bahwa penerimaan donasi dalam bentuk uang atau barang telah ditutup dan dana uang tunai yang terkumpul dari seluruh pegawai berjumlah Rp8.200.000,00. Sebagian dari uang tersebut dibelanjakan barang dalam bentuk makanan/sembako juga bingkisan untuk anak-anak. Selain uang tunai juga terdapat donasi berupa minyak goreng sebanyak 36 liter, pakaian layak pakai sebanyak 5kardus, dan 15 kilogram gula pasir.

Kunjungan ini terasa luar biasa, karena sedari pagi seluruh pegawai mengenakan pakaian daerah guna memperingati Hari Kartini tahun 2019. Tepat pukul 11.00 WIB, setelah segala persiapan selesai, dengan tetap berpakaian daerah, beberapa pegawai bersama seluruh pegawai OJT (On Job Training) berangkat menuju Panti Asuhan. Adapun Perjalanan menuju Desa Karang Satria tidak memakan waktu lama dan setibanya disana rombongan KPKNL Bekasi telah disambut senyum dan keceriaan  seluruh anak-anak panti asuhan.

Rangkaian acara dimulai dengan sambutan hangat Bunda Ida selaku tuan rumah, dan Asnul mewakili KPKNL Bekasi. Selain itu, untuk membuat anak-anak panti asuhan semakin gembira, pegawai OJT juga mengisi acara dengan mengajak anak-anak untuk menjawab kuis dan mengikuti permainan-permainan sederhana dengan bingkisan sebagai hadiahnya.

Acara ditutup tepat pukul 13.00 WIB dengan penyerahan secara simbolis seluruh barang bantuan yang dibawa rombongan kepada Bunda Ida. Ida sangat bersyukur dan berkali-kali mengajak anak-anak pantinya mengucapkan terimakasih dan memanjatkan doa bagi seluruh pegawai KPKNL Bekasi. Dalam lantunan doa tulus anak-anak tersebut, seluruh pegawai KPKNL Bekasi didoakan diberi rezeki dan kesempatan untuk kembali berkunjung kembali. Menutup kegiatan tersebut, seluruh rombongan tidak lupa berfoto bersama dengan seluruh anak-anak, para pembimbing, pengasuh, dan pengurus panti asuhan. (Naskah dan Foto : Teguh dan Asnul, Seksi HI KPKNL Bekasi)

Penulis : ASNUL
Tanggal ditulis : Rabu, 24 April 2019
Terakhir diedit : Senin, 29 April 2019
Foto Terkait Kilas Peristiwa
Pengumuman
Kontak
Jl. Sersan Aswan No. 8 D Bekasi - 17113
(021) 8808888
(021) 8803832
kpknl_bekasi@yahoo.co.id