Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bekasi > Berita
Teknik Permodelan Dalam Rangka Penyusunan Daftar Komponen Penilaian Sewa BMN untuk Penempatan Mesin ATM
Asnul
Sabtu, 11 September 2021   |   175 kali

Bekasi - Teknik Permodelan Penilaian Sewa Anjungan Tunai Mandiri (ATM) adalah sebuah alat bantu untuk mempermudah para Penilai dalam melakukan tugasnya. Namun, pengetahuan ini juga dapat menambah wawasan bagi pegawai yang tidak bertugas di bidang penilaian. Pada Rabu Cendekia (9/8), Kepala Seksi Pelayanan Penilaian dan para Pejabat Fungsional Penilai Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bekasi berbagi pengetahuan tentang hal tersebut, yang dilaksanakan secara virtual dan diikuti oleh seluruh jajaran KPKNL Bekasi, dimulai pada pukul 09.00 WIB.

Kepala Seksi Pelayanan Penilaian Syaipur Rokhman pada pengantarnya mengatakan bahwa sesuai jadwal untuk berbagi ilmu di Rabu Cendekia kali ini, Seksi Pelayanan Penilaian akan memberikan sharing knowledge tentang Teknik Permodelan Penilaian ATM. Syaipur mengatakan bahwa Kantor Pusat Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) telah mengembangkan sebuah program yang dapat dijadikan acuan yang sangat bermanfaat bagi Penilai untuk melaksanakan penilaian ATM. Program ini sendiri telah dicanangkan sejak tahun 2019. Syaipur mengatakan bahwa secara terperinci materi tersebut akan disampaikan oleh Yanuar Pribadi dan Aprianto Nur Hidayat.

Pejabat Fungsional Penilai Yanuar Pribadi terlebih dahulu menyampaikan dasar hukum tentang penilaian ATM ini, yaitu Keputusan Dirjen KN No. 182/KN/2020 tentang Penyusunan, Penetapan, dan Penggunaan Daftar Komponen Penilaian Sewa Barang Milik Negara untuk Penempatan Mesin ATM. Setelah menerangkan tentang landasan hukum, Yanuar menerangkan tentang permodelan yang meliputi validasi data hasil survei dengan Google Maps, verifikasi koordinat, persiapan data dalam bentuk kode biner, pembuatan permodelan, dan lain-lain.

Yanuar melanjutkan bahwa setelah permodelan terbentuk dan ditetapkan Surat Keputusan Penetapan Daftar Komponen Penilaian Sewa Barang Milik Negara (BMN) untuk Penempatan ATM, Penilai bisa menggunakan model tersebut sebagai alat bantu untuk melakukan penilaian. Penilai melakukan penilaian dengan menggunkaan pendekatan data pasar dan variabel pada Surat Keputusan Penetapan Daftar Komponen Penilaian Sewa BMN untuk Penempatan ATM sebagai panduan penyesuaian.

Aprianto Nur Hidayat menambahkan bahwa terhadap penyesuaian variabel kuantitatif, Penilai menggunakan selisih perbedaan antara objek penilaian dan objek pembanding, kemudian mengalikan dengan besaran variabel pada Surat Keputusan Penetapan Daftar Komponen Penilaian Sewa BMN untuk Penempatan ATM. Terhadap penyesuaian variabel kualitatif, Penilai menggunakan selisih perbedaan kategori antara objek penilaian dan objek pembanding sesuai dengan Surat Keputusan Penetapan Daftar Komponen Penilaian Sewa BMN untuk Penempatan ATM.

Kegiatan berbagi ilmu yang dilakukan oleh Seksi Pelayanan Penilaian ini cukup menarik perhatian jajaran KPKNL Bekasi, terlihat dari adanya beberapa pertanyaan yang diajukan oleh peserta yang tentunya mendapat tanggapan penjelasan dari Syaipur dan kawan-kawan. Syaipur menambahkan bahwa Tim Penilai KPKNL Bekasi telah menerapkan teknik permodelan untuk penentuan besaran penyesuaian sebanyak dua kali.

Agen Perubahan Rabu Cendekia pada penutupannya menyampaikan apresiasi dan terima kasih kepada Seksi Pelayanan Penilaian yang telah memberikan ilmu baru kepada jajaran KPKNL Bekasi.

 

Teks, Editor dan foto : Tim Humas dan Penilai KPKNL Bekasi

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini