Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bekasi > Berita
Seru-Seruan dengan Uji Kompetensi Pegawai di Acara GSP Kahoot Series
Asnul
Rabu, 05 Agustus 2020   |   245 kali

Galang Semangat Pagi (GSP) merupakan salah satu inovasi dari Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bekasi sebagai upaya untuk meraih predikat Wilayah Birokrasi Bersih dan Melayani (WBBM). GSP dilaksanakan rutin setiap hari. Sejak wabah Covid-19 merebak, GSP rutin dilaksanakan secara virtual dengan menggunakan aplikasi Zoom Cloud Meetings. Untuk menghindari kejenuhan para peserta zoom meeting, Agen Perubahan yang mengelola GSP harus berkreasi agar GSP menjadi menarik dan tidak membuat pesertanya boring. Salah satu kreativitas dari tim GSP adalah dengan dilaksanakannya GSP seri Kahoot.

Kahoot! yang merupakan sebuah platform pembelajaran berbasis permainan, pengguna bisa membuat dan menjawab berbagai kuis pilihan ganda, bahkan tidak hanya melalui aplikasi, pemain bisa memainkannya melalui browser dengan memasukan pin dari sang pembuat kuis. Pembuat kuis dalam GSP seri Kahoot ini digilir per seksi. GSP seri Kahoot ini mampu memberikan suasana hangat dan juga dapat menjadi ajang yang ditunggu-tunggu serta sebagai uji kompetensi dan edukasi kepada para pegawai dalam suasana seru-seruan.

GSP Seri Kahoot Pertama diisi oleh Seksi Kepatuhan Internal (KI) pada hari Kamis, 9 Juli 2020.  Kepala Seksi Kepatuhan Internal sekaligus ketua Koordinator tim kerja WBBM, Linda Susanti, mengatakan bahwa, terkait KPKNL Bekasi yang tengah menjalani proses penilaian menuju predikat WBBM, maka sangat diperlukan komitmen dari seluruh jajaran KPKNL Bekasi. Oleh sebab itu, melalui GSP seri Kahoot ini Linda ingin mengetahui sejauh mana pengetahuan dan kepedulian jajaran KPKNL Bekasi terhadap tim kerja dan program-program kerja yang telah berjalan selama ini.

Linda dan tim dari Seksi KI menyiapkan 30 pertanyaan yang berkaitan dengan WBBM. Ternyata banyak dari players yang mengikuti game Kahoot tersebut memberikan jawaban yang tepat. Linda menyampaikan apresiasi karena dari jawaban atas pertanyaan-pertanyaan tersebut mencerminkan bahwa jajaran KPKNL Bekasi sangat menguasai tentang program-program kerja dan hal-hal seputar WBBM.

Pada GSP Seri Kahoot beriktunya berturut-turut disampaikan oleh Seksi teknis, mulai dari Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara hari Jumat 10 Juli 2020, Seksi Pelayanan Penilaian hari Selasa 14 Juli 2020, Seksi Piutang Negara 16 Juli 2020, serta Seksi Pelayanan Lelang 21 Juli 2020. Sama dengan Seksi Kepatuhan Internal, seksi pelayanan ini juga menyediakan masing-masing 30 pertanyaan. Dan sebagian besar pegawai dapat menjawab dengan tepat, dan pada kesempatan itu juga langsung diberi penjelasan atas jawaban dari pertanyaan-pertanyaan tersebut.

Pada GSP Seri Kahoot yang diisi oleh Subbagian Umum hari Jumat, 25 Juli 2020 dengan 30 pertanyaan seputar kepegawaian dan pengelolaan anggaran. Tak terduga ternyata banyak pegawai yang kurang memahami tentang perturan kepegawaian dan anggaran. Tentu saja hal ini membuat Kepala Subbagian Umum Titi Purwanti harus segera mengambil langkah untuk melaksanakan internalisasi seputar tugas dan fungsi dari Subbagian Umum.

Selain GSP seri Kahoot tentang tusi KPKNL yang menjadi topik pada pelaksanaan GSP, terdapat GSP seri Kahoot lainnya seperti perpisahan dengan Pejabat Fungsional Penilai. Pada GSP tersebut dilaksanakan game Kahoot dengan pertanyaan seputar pejabat fungsional penilaian yang ditempatkan pada KPKNL lain.

Dan puncak keseruan dari GSP seri Kahoot ini adalah ketika dilaksanakannya GSP dengan anak-anak pegawai KPKNL Bekasi. Sebanyak 23 orang anak saling berebut untuk menjawab pertanyaan. Keseruan pun terpancar di wajah anak-anak yang terlihat sangat gembira.

GSP seri kahoot terakhir dilaksanakan oleh Seksi Hukum dan Informasi (HI). Sebanyak 30 pertanyaan yang disampaikan oleh Teguh Kuncoro dan Muhammad Basyir Anshori berkaitan dengan tugas dan fungsi dari Seksi Hukum dan Informasi termasuk tugas bendahara penerimaan. Ternyata pertanyaan tersebut dapat dijawab dengan baik oleh para peserta game. Plt Kepala Seksi HI Supiyanta mengatakan bahwa ia cukup puas dengan jawaban dari para player, yang berarti jajaran KPKNL Bekasi juga dapat memahami dan memiliki edukasi tentang tugas dan fungsi dari Seksi HI.

Di akhir pelaksanaan GSP seri Kahoot, Kepala KPKNL Bekasi Hamim Mustofa mengatakan bahwa GSP seri Kahoot ini memiliki beberapa manfaat, antara lain agar pelaksanaan GSP yang rutin, tidak menghadirkan kejenuhan di antara jajaran KPKNL Bekasi. Hal ini juga merupakan salah satu bentuk kreativitas dan juga sebagai uji pengetahuan pegawai terhadap tugas dan fungsi KPKNL. Hamim pun berharap agar tim GSP terus melakukan inovasi-inovasi agar pelaksanaan GSP menjadi sebuah kegiatan yang tidak membosankan, tetapi menjadi sebuah ajang yang menarik yang selalu dinantikan setiap pegawai.

 

 

 

penulis dan foto  : Tim Humas KPKNL Bekasi

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini