Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bekasi > Berita
KPKNL Bekasi Bangun Sinergi Bersama Satker Menindak Lanjuti Temuan BPK
Asnul
Senin, 11 November 2019   |   274 kali

Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bekasi kembali menggelar acara bersama dengan Satuan Kerja (Satker) di wilayah kerja KPKNL Bekasi yang bertemakan “Tindak lanjut temuan Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) atas penilaian kembali BMN dan sosialisasi Keputusan Menteri Keuangan Nomor 781/KMK.01/2019” bertempat di Aula Balai Teknik Air Minum (BTAM) Jalan Chairil Anwar Kota Bekasi pada hari Rabu 6 November 2019.

 

Dalam pembukaannya, Hamim Mustofa selaku Kepala KPKNL Bekasi menyampaikan ucapan terima kasih dan mengapresiasi perwakilan satker yang menghadiri acara tersebut. Hamim juga berharap agar sinergi antara satker dan KPKNL dapat terjalin erat dan memberikan manfaat dalam pengelolaan BMN.

 

Selanjutnya Hamim menyampaikan amanat dari Perpres 75 Tahun 2017.  “revaluasi seharusnya dilakukan pada BMN dan BMD, dimana tujuannya untuk mengupdate nilai yang menggambarkan nilai wajar terkini, mengetahui database BMN yang andal serta potensi kemanfaatan BMN di tempat masing-masing. Hamim menerangkan tentang hasil revaluasi BMN yang telah dilaksanakan, baik dari jumlah NUP, dan hasil temuan BPK.  “salah satu tujuan acara ini digelar adalah untuk memastikan satker apakah form pendataan yang disampaikan sudah dilakukan validasi dan apakah temuan BPK sudah ditindaklanjuti secara tuntas serta mencari solusi terhadap kendala-kendala bagi satker dalam pengisian form tersebut” tambah Hamim.

 

Acara yang dimulai pada pukul 09.00 WIB itu juga, bertujuan  untuk memberi edukasi kepada pengguna layanan pengelolaan kekayaan negara dalam menentukan langkah-langkah menyelesaikan temuan BPK atas penilaian kembali BMN khususnya oleh satker tersebut dibagi dalam tiga sesi. Kepala KPKNL pada sesi pertama, sesi kedua dilanjutkan dengan diskusi dan berbagi pengalaman oleh Harry Prasetya. Pria bertubuh mungil yang biasa dipanggil Harry tersebut merupakan Kepala Seksi Pelayanan Kekayaan Negara (PKN) yang baru setelah beliau dimutasi dari kepala Seksi PKN pada KPKNL Jambi, menggantikan Achmad Rustandi yang telah dimutasi ke Kanwil DJKN Sumatera Selatan, Jambi dan Bangka Belitung. Sesi diskusi dan tanya jawab ini mendapat antusiasme dari para Satker yang dibuktikan dengan banyaknya perwakilan Satker yang mengajukan pertanyaan tentang berbagai hal seputar pengelolaan BMN, dan mereka  puas karena mendapat jawaban dan edukasi yang sangat lengkap dan detail dari pakarnya, yaitu Hamim Mustofa.

 

Sebelum materi ketiga dilanjutkan, terlebih dahulu diadakan kuis online www.Kahoot.it yang diikuti oleh seluruh peserta dengan pertanyaan ringan seputar BMN.  Suasana menjadi sangat hangat ketika masih ada peserta yang belum bisa menjawab dengan benar pertanyaan yang disampaikan. Ternyata masih ada beberapa pengguna BMN (perwakilan Satker)  yang belum mengetahui tata kelola BMN dengan baik, sebagai rekomendasi perlu kembali diadakan edukasi dari awal tentang tata kelola BMN, hal ini dimungkinkan karena silih bergantinya orang yang menangani BMN pada satker. Diakhir kuis, panitia menyiapkan hadiah untuk 3 (tiga) orang peserta dengan skor tertinggi.

 

Sesi ketiga yakni penyampaian sosialisasi KMK No. 781/KMK.01/2019 oleh Wahyu Eko Guntoro dari Seksi PKN.

 

Acara diakhiri dengan sesi pendampingan, peserta sosialisasi dipersilakan untuk membuka laptopnya dan membuka aplikasi SIMAN atau data yang sebelumnya sudah diberikan oleh Tim Seksi PKN yang isinya selain materi juga rekap daftar BMN yang belum ditetapkan status penggunaannya (PSP) pada masing-masing satker.

Sebagai penutup Harry Prastya mengucapkan terima kasih kepada para perwakilan satker dan berharap dalam waktu dekat semua BMN pada satker di wilayah kerja KPKNL Bekasi sudah ditetapkan status penggunaannya.

 

 

 

 

 

Berita dan foto tim Humas KPKNL Bekasi

 

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini