Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bekasi > Berita
110 Tahun Lelang Indonesia: KPKNL BekasiI Menapaki Sejarah Lelang Indonesia Melalui Kegiatan “Collaborauction”
Dasril
Kamis, 01 Maret 2018   |   288 kali

Bekasi (27/02/2018) - Tanggal 27 Februari seratus sepuluh tahun yang lalu merupakan detik-detik menjelang diterbitkannya Vendu Reglement Ordonansi tanggal 28 Februari 1908 Staatsblad 08-189, yang mulai berlaku tanggal 1 April 1908. Peraturan ini berlaku hingga saat ini sebagai satu-satunya “Undang-Undang” yang mengatur tentang tata cara pelaksanaan lelang di Indonesia.

Lelang sejak lama telah dikenal sebagai salah satu sarana jual beli, namun tidak diketahui secara pasti sejak kapan lelang digunakan sebagai cara jual beli. Dalam perkembangannya, lelang tidak hanya digunakan sebagai sarana jual beli, tetapi dimanfaatkan sebagai alat penegakan hukum (law enforcement).

Sejak lahirnya Vendu Reglement tahun 1908, unit lelang berada di lingkungan Departemen Keuangan, Pemerintah Hindia Belanda (Inspeksi Urusan Lelang) dengan kedudukan dan tanggung jawab langsung di bawah Menteri Keuangan. Kemudian dalam perkembangannya, setelah memasuki masa kemerdekaan RI, yaitu pada tahun 1960 Unit Lelang Negara ada dalam pembinaan Direktorat Jenderal Pajak dengan nama Kantor Lelang Negeri dan pada tahun 1970 diganti nomenklaturnya menjadi Kantor Lelang Negara (KLN). Sejak tanggal 1 April 1990, Unit Lelang Negara bergabung di bawah Badan Urusan Piutang dan Lelang Negara (BUPLN) yang berganti nomenklaturnya menjadi Direktorat Jenderal Piutang dan Lelang Negara (DJPLN) pada tahun 2000. Terakhir berdasarkan Peraturan Menteri Keuangan Nomor: 445/PMK.01/2006 tentang Organisasi Departemen Keuangan, DJPLN berubah menjadi Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) dan kantor-kantor operasionalnya berubah menjadi Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) hingga saat ini.

Menyambut sekaligus menapaki tonggak sejarah lahirnya Lelang di Indonesia yang sudah berusia 110 tahun,  KPKNL Bekasi menggelar berbagai kegiatan lelang selama satu pekan bertajuk “Pekan Penuh Lelang”,  dimulai pada 26 februari sampai dengan 2 maret 2018, kegiatannya berupa lelang eksekusi Hak Tanggungan, lelang Harta Pailit, lelang sukarela Pejabat Lelang Kelas II, serta lelang Barang Milik Negara.

Salah satu acara yang menarik perhatian masyarakat  Bekasi, yaitu lelang sukarela kolaborasi antara KPKNL Bekasi dengan Pejabat Lelang Kelas II,  F.X. Tri Sumaryanto dari Balai Lelang Tunas Auction dengan Tagline “CollaborAuction” ,di mana dalam kegiatan tersebut ditawarkan sebanyak 50 unit mobil berbagai jenis dan merk untuk dilelang pada (27/02/2018) .

Acara lelang dimulai dengan kegiatan di meja pendaftaran, antara lain melakukan registrasi, dan menyetorkan uang jaminan, guna mendapatkan Nomor Peserta Lelang (NPL) yang digunakan peserta untuk  mengajukan penawaran terhadap barang yang diminatinya.  Peserta juga dipersilahkan untuk melihat  dan sekaligus memeriksa kondisi kendaraan yang mereka minati agar tidak kecewa terhadap nilai penawarannya  pada saat lelang.

Setelah menunggu kesiapan pelaksanaan acara, pukul 10.30 WIB Pejabat Lelang segera memulai pelaksanaan lelang. Satu per satu unit kendaraan ditawarkan Pejabat Lelang, disambut riuh peserta sembari mengangkat tinggi-tinggi NPL di tangan, guna menawar barang yang mereka minati. Penawar tertinggi ditunjuk sebagai pemenang lelang. Dari 50  kendaraan  roda  empat  yang ditawarkan, sebanyak 16 kendaraan dengan harga limit sebesar Rp1,63 M, laku  terjual lelang dengan harga mencapai Rp1,68 M.

Pelaksanaan Lelang Kolaborasi (ColaborAuction) ini disaksikan Kepala Bidang Lelang, Kantor Wilayah DJKN Jawa Barat, Hery Pramono mewakili Kepala Kantor Wilayah DJKN Jawa Barat, didampingi Kepala KPKNL Bekasi, Partolo dan Kepala Seksi Lelang KPKNL Bekasi, Supiyanta  yang mengikuti jalannya lelang dengan seksama.

Setelah pelaksanaan kegiatan lelang dilanjutkan dengan penyerahan cindera mata berupa plakat dari Kepala Bidang Lelang Kanwil DJKN Jawa Barat, didampingi Kepala KPKNL Bekasi kepada Pejabat Lelang Kelas II, F.X. Tri Sumaryanto, menandai berakhirnya acara CollaborAuction, yang berlangsung sukses dapat menarik perhatian masyarakat kota Bekasi dan sekitarnya, sekaligus mengedukasi, serta memasyarakatkan lelang dalam rangka memperingati 110 tahun lelang Indonesia. (Teks: Teguh/Anshori Foto: Aenul, Seksi HI KPKNL Bekasi)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini