Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 500-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bekasi > Artikel
Manfaat Meragukan Diri Sendiri
Atik Setyarini
Rabu, 20 September 2023   |   569 kali

"Pernahkah kita merasa ragu?" Sebagai manusia biasa, adalah hal yang wajar apabila kita merasakan keraguan pada diri kita sendiri. Seringkali dalam melakukan sesuatu kadang muncul di benak kita, "mampukah kita melaksanakannya?" Setelah kita cermati dan kita renungkan, sebenarnya keraguan pada diri sendiri memiliki dampak positif atau mendatangkan beberapa keuntungan yang mungkin tidak kita ketahui.

Manfaat pertama yang bisa kita peroleh adalah adanya persiapan yang matang serta membuat kita jadi terus belajar dan berkembang. Ketika seseorang ragu dengan kemampuannya, maka ia akan cenderung melakukan persiapan secara matang untuk melakukan pekerjaan. Persiapan yang baik tentu akan membantu mengerjakan tugas-tugas yang ada menjadi lebih baik.

Manfaat kedua adalah dengan meragukan diri sendiri membuat kita semakin terpacu untuk terus belajar dan menjadi lebih baik dari sebelumnya. Keraguan ini membuat kita tidak akan segan untuk bertanya hal-hal yang kurang dimengerti kepada para senior atau bahkan atasan kita sekalipun, hal ini juga akan mendorong kita untuk menjalin hubungan yang baik dengan rekan-rekan yang bisa membantu  dalam bekerja.  

Manfaat ketiga adalah dengan adanya keraguan pada diri sendiri, maka kita akan terpacu mengerahkan segala daya upaya untuk bisa melakukan suatu hal. Sikap seperti ini penting untuk membentuk semangat yang akan memperoleh hasil kerja optimal.  Rasa ragu pada diri juga dapat membuat seseorang ingat untuk mengevaluasi hasil pekerjaannya. Seperti diketahui, evaluasi merupakan hal signifikan untuk bisa meningkatkan kapasitas diri, termasuk kemampuan profesional.

Satu lagi manfaat yang mungkin bisa kita peroleh adalah, dengan meragukan diri sendiri bisa menjadikan kita menjadi seseorang yang lebih jujur dan rendah hati. Seringkali kita dihadapi pada suatu masa ketika kita merasa lelah atau merasa tidak sanggup menyelesaikan tugas yang diberikan atau kita menemukan masalah-masalah yang mungkin kita ragu untuk dapat menyelesaikannya. Hal ini dapat membentuk kita menjadi seseorang yang rendah hati serta membantu kita untuk melihat segala situasi yang ada dengan lebih teliti. Hal ini bisa memberikan dorongan untuk berdiskusi secara jujur dan terbuka dengan rekan kerja dan atasan kita untuk mencari solusi  terbaik.

Keraguan terhadap diri sendiri adalah hal yang wajar. Dengan menerima segala keraguan tersebut ke dalam hal yang positif akan membawa kita pada kesuksesan yang dapat mengasah segala kekuatan yang kita miliki. Jangan biarkan segala keraguan diri yang kita rasakan membuat kita menjadi tidak percaya diri. Akan tetapi, jadikanlah hal itu sebagai batu loncatan untuk menjadi lebih baik dari sebelumnya.  Imbangi keraguan diri dengan pandangan positif mengenai potensi diri dan keahlian-keahlian yang Anda miliki. Percayalah bahwa apapun yang nantinya terjadi dalam pekerjaan, baik kesuksesan maupun kegagalan, pasti akan menjadi pelajaran berharga untuk membuat diri kita menjadi lebih baik.

 

 

 

Teks, foto, dan editor : Tim Humas KPKNL Bekasi

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini