Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Bekasi > Artikel
Membuat Presentasi menarik dan interaktif
Asnul
Jum'at, 16 April 2021   |   22753 kali

Presentasi adalah berbicara atau berkomunikasi dihadapan orang banyak untuk menyampaikan suatu gagasan, ide, materi, dan sebagai narasumber atau hal lainnya. Presentasi harus dilaksanakan dengan baik agar setiap maksud yang  akan disampaikan oleh presentator/presenter dapat dipahami dan menarik perhatian audience. Oleh karena itu diperlukan bahan presentasi yang menarik dan interaktif  serta tidak membosankan.

 

Bahan presentasi yang akan dipaparkan kepada audience biasanya dibuat dengan aplikasi-aplikasi seperti Microsoft Powerpoint, Prezi, dan lain-lain. Media yang paling sering digunakan adalah Microsoft Powerpoint karena pada umumnya aplikasi tersebut sudah tersedia pada komputer/laptop.

 

Untuk menggunakan powerpoint, hal utama yang harus dipelajari adalah cara membuat slide dan cara menambahkan gambar, bentuk, serta tulisan. Slide adalah halaman-halaman yang akan di tampilkan. Setiap halaman tersebut  membutuhkan tulisan berupa poin-poin yang akan disampaikan disertai dengan bentuk dan gambar yang dapat mendukung penjelasan presentator. Membuat slide dapat dilakukan dengan mengklik Home, mengklik New Slide, lalu memilih layout atau tata letak yang ingin digunakan. Tata letak digunakan untuk memudahkan kita menyusun tulisan, gambar, grafik, atau hal lain dengan rapi. Kemudian, kita dapat mengklik Insert, lalu mengklik hal-hal yang ingin kita tambahkan, seperti tulisan, gambar, grafik, dan lain-lain yang mendukung penjelasan presentator.

 

Bentuk dan gambar serta warna harus dibuat dibuat dengan menarik dan mampu turut memperjelas materi yang akan disampaikan. Namun, kita harus memastikan bahwa isi dari presentasi dapat dipahami dengan baik. Materi dapat ditulis berupa poin-poin singkat untuk kemudian dipaparkan lebih lanjut oleh presentator. Dengan demikian audience akan lebih mudah memahami hal-hal inti atau konten  dari materi yang disampaikan.

 

Slide yang ditampilkan oleh presentator dapat ditambahkan dengan animasi-animasi dan transisi-transisi untuk membuat presentasi lebih menarik. Animasi adalah gerakan-gerakan pada tulisan, gambar, grafik, atau hal lain yang ada pada slide ketika memasuki slide, sepanjang slide dipaparkan, atau ketika keluar dari slide bersangkutan. Animasi ini memungkinkan kita untuk menampilkan poin-poin yang kita ingin jelaskan secara berurutan dalam satu slide yang sama. Transisi adalah efek atau gerakan-gerakan yang muncul setiap kali dilakukan pergantian slide. Efek ini menjadikan pergantian antar slide menjadi lebih menarik karena setiap kita mengganti slide, kita dapat membuat seakan-akan kita sedang membuka tirai, membuka buku, meremukkan kertas, dan lain-lain.

 

Visual yang memanjakan mata akan membuat audience fokus melihat presentasi yang kita paparkan. Warna-warna yang digunakan juga perlu diperhatikan agar presentasi terlihat lebih menarik. Namun, kita harus menggunakan warna dan animasi yang secukupnya. Warna dan animasi yang berlebihan justru akan mengarahkan fokus audience kepada warna dan animasi presentasi, bukan materi presentasinya.

 

Memberi visual yang menarik pada presentasi tentunya memerlukan usaha lebih detail. Namun saat ini terdapat banyak template yang tersedia di internet yang bisa langsung diunduh dan digunakan oleh semua orang. Dengan begitu, Kita dapat dengan mudah membuat presentasi yang menarik dan cantik tanpa memerlukan waktu yang lama.

 

Selain visual yang menarik, powerpoint memungkinkan kita untuk menggunakan hyperlink. Hyperlink adalah fitur yang memungkinkan kita untuk menyambungkan slide yang sedang dipresentasikan ke slide lain, ke dokumen lain, atau ke website tertentu. Fitur ini dapat mempersingkat waktu ketika melakukan presentasi.

 

Selain slide yang berisi materi, presentator perlu untuk menambahkan slide kosong untuk melakukan interaksi yang cukup lama dengan audience. Slide ini dapat dibuat untuk melaksanakan sesi tanya jawab, diskusi, atau sekedar selingan  agar presentasi tidak dipenuhi oleh tulisan dan data saja yang kadang-kadang menimbulkan rasa bosan. Selingan ini dapat diisi cukup dengan quotes atau gambar-gambar yang simple dan unik.

 

Saat ini Pandemi Covid-19 masih terjadi di Indonesia, banyak hal yang dapat mengganggu fokus seseorang saat sedang melakukan pertemuan online. Oleh karena itu, kita perlu mempersiapkan bahan presentasi dengan maksimal dengan harapan para audience dapat semakin fokus dan mampu memahami presentasi dengan baik.

 

 

Teks dan editor : Sultan mahasiswa PKL PKN STAN dan Tim Humas KPKNL Bekasi

Disclaimer
Tulisan ini adalah pendapat pribadi dan tidak mencerminkan kebijakan institusi di mana penulis bekerja.
Peta Situs | Email Kemenkeu | FAQ | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini