TOT SIMAN Bagi Pengelola

Jakarta - Direktorat Pengelolaan Kekayaan Negara dan Sistem Informasi (PKNSI) menyelenggarakan Training of Trainer (TOT) Sistem  Informasi Manajemen Aset Negara (SIMAN) bagi pengelola 1 – 2 Oktober 2014 di Aula Serbaguna Kantor Pusat DJKN, Jakarta. Kegiatan TOT ini diikuti oleh operator dari Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara (PKN) KPKNL dan Bidang PKN Kanwil DJKN. Penyelenggaraan TOT dibagi menjadi dua tahap. Tahap pertama diikuti oleh 48 KPKNL (1/10) dan tahap kedua diikuti 40 peserta yang berasal dari Kantor Pusat, KPKNL, dan Kanwil DJKN (2/10).
Kepala Subdirektorat Perencanaan Pengembangan Sistem Aplikasi Direktorat PKNSI Acep Irawan berkesempatan membuka acara hari pertama didampingi oleh Kepala Subdirektorat Barang Milik Negara (BMN) II Asep Suryadi. Dalam kesempatan tersebut Acep menjelaskan tujuan adanya aplikasi SIMAN, antara lain proses pengelolaan BMN menjadi lebih cepat efisien dan dokumen secara digital, melengkapi data BMN untuk kebutuhan manajemen aset, dan pengelolaan BMN dapat dimonitor secara online baik oleh pengguna maupun pengelola.
Setelah acara pembukaan, dilanjutkan instalisasi aplikasi yang dibimbing oleh Tim PKNSI.  Mereka terlebih dahulu menjelaskan mengenai gambaran umum SIMAN. Mengingat yang menjadi peserta adalah pengelola, maka diperlukan lebih detail dan teknis mengenai latar belakang penggunaan SIMAN agar dapat menjelaskan kepada para pengguna SIMAN. Iling Saidah dan Galih dari Tim PKNSI pada kesempatan tersebut menjelaskan secara teori terlebih dahulu mengenai aplikasi SIMAN bagi pengelola. Mereka bergantian menjelaskan fitur-fitur yang ada pada SIMAN. 
Ada 10 fitur-fitur  yang harus diperhatikan  dan diketahui , secara garis besar dibagi dalam tiga jenis, yaitu  perencanaan kebutuhan BMN, pengelolaan BMN, dan monitoring BMN. Dalam sesi praktik pengguna SIMAN, peserta diberikan kesempatan untuk melakukan rekonsiliasi data satker maupun BMN yang dikelola. Mereka dituntut untuk melakukan penyesuaian berdasarkan data yang bersumber dari Tim PKNSI.
Di tahap kedua (2/10), acara TOT tersebut dibuka oleh Kepala Subdirektorat Pengelolaan  Data dan Layanan Opersional Direktorat PKNSI I Ketut Puja dan ditutup oleh Direktur PKNSI Encep Sudarwan. Dari seluruh rangkaian acara tersebut , sebagian besar peserta mengharapkan waktu yang lebih lama dari yang terjadwalkan. Mengingat memang materi yang disajikan memerlukan pemahaman yang mendalam agar dapat menjawab permasalahan yang timbul di tingkat pengguna. (humas/yd)
 
Penulis   : Yudi Nurmana Jaya Tanggal : 6 Oktober 2014
Sumber : https://www.djkn.kemenkeu.go.id/2013/berita/peningkatan-kemampuan-operat...