Digitalisasi Aset dengan Aplikasi SIMAN

Berita    Kamis, 27 Maret 2014     Tim Pengembang SIMAN

Digitalisasi Aset dengan Aplikasi SIMAN

Bogor - Sebagai upaya penyempurnaan pelayananan di bidang pengelolaan Barang Milik Negara (BMN), Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN) menyusun aplikasi Sistem Manajemen Aset Negara (SIMAN) yang dilengkapi dengan fitur-fitur yang dapat mempermudah pengguna dan pengelola dalam menjalankan perannya. Tahun ini, beberapa kementerian/lembaga akan ditunjuk sebagai pilot project pengelolaan BMN menggunakan aplikasi ini.

“Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) serta Kantor Wilayah DJKN (kanwil DJKN) merupakan ujung tombak DJKN dalam melakukan sosialisasi aplikasi SIMAN ke satker di masing-masing wilayah kerja,” ujar Kepala Subdit Pengelolaan Data dan Layanan Operasional (PDLO) Direktorat Pengelolaan Kekayaan Negara dan Sistem Informasi DJKN I Ketut Puja dalam pembukaan kegiatan Penyegaran Aplikasi Sistem Manajemen Aset Negara bagi Pelaksana gelombang III pada 26 Maret 2014, di Hotel Permata Bogor. Seperti pelaksanaan terdahulu penyegaran ini berlangsung selama dua hari dari 26 s.d. 27 Maret 2014. Kegiatan ini diselenggarakan oleh Sekretariat DJKN bekerja sama dengan Pusdiklat Kekayaan Negara dan Perimbangan Keuangan sebagai pembekalan bagi para pegawai KPKNL dan Kanwil DJKN menjelang pelaksanaan rekonsiliasi dan pemutakhiran data BMN semester I tahun 2014.

Selama ini sebagian besar proses pengelolaan BMN dilakukan secara manual yang dalam praktiknya masih sering terjadi ketidakseragaman permahaman dan tindakan antara pengguna dan pengelola barang. Hal ini mengakibatkan penyajian dan penelitian data menjadi kurang akurat dan pada akhirnya, proses evaluasi dan monitoring pun juga terhambat. Dengan aplikasi SIMAN, diharapkan dapat terwujud kesamaan persepsi antara pengguna dengan pengelola barang, standardisasi dalam pengelolaan BMN, serta meningkatnya efektifitas, efisiensi, dan akurasi prosedur pengelolaan BMN.

I Ketut Puja juga menyampaikan bahwa aplikasi SIMAN merupakan pelaksanaan tugas digitalisasi aset sebagai bagian dari transformasi kelembagaan DJKN. Desain aplikasi dan penerapan teknologinya mendapat respon positif dari Mckinsey Global Institute, konsultan transformasi kelambagaan Kementerian Keuangan. Aplikasi ini ditargetkan beroperasi penuh tahun 2015. (mli/yd)


tag(s): sosialisasi