Jalan Lapangan Banteng Timur No. 2-4, Jakarta 10710

Our Iceberg is Melting

By: Re-write from Buku Panduan Retreat DJKN | Posted On: 2016-06-05 14:46:20

Alkisah di iceberg Antartika hidup sekelompok penguan. Mereka adalah Louis (ketua dewan koloni penguin, taat aturan). Alice (si pintar), Buddy (si muda belia, opportunist), Fred (eksentrik yang cerdas), Professor (si peneliti), No-no (si penikmat comfort zone yang resisten), Sally Ann (si Volunteer), Scout (si follower setia).

Fred, mempelajari iceberg (rumah bagi para penghuni) dan mengamati bahwa iceberg dalam bahaya karena ditemukan keretakan yang berpotensi menurunkan iceberg. Fred menyampaikan hasil pengamatannya dan mencoba meyakinkan Alice karena tidak ada yang mempercayainya. Setelah teryakinkan, Alice kemudian mengumpulkan tim dewan, menyampaikan berita penting tersebut, dan mengajak mereka berembuk. Barulah setelah semua anggota dewan diyakinkan Alice, Fred kemudian diminta menjelaskan semuanya termasuk menawarkan solusi untuk pindah dari iceberg tersebut. Sebagian anggota dewan percaya, sebagian lagi skeptis. Misalnya, NoNo, yang sudah terlalu enjoying the comfort zone berpikir keretakan iceberg itu adalah lelucon besar. Menurut NoNo, Iceberg mereka masih aman-aman saja.

Meski secara prinsip setuju untuk pindah, masalah baru pun muncul : bagaimana caranya pindah? Louis sebagai ketua dewan menganalisis dan meneliti siapa saja yang dapat membantunya karena ia menyadari bahwa ia tidak bisa melakukannya sendiri. Dia memutuskan membentuk tim untuk memandu perubahan. Alice, Fred, Buddy dan Profesor ditugaskan untuk menjadi tim inti. Pertama, mereka membuat visi baru : “menuju tempat yang aman dan damai”. Selanjutnya, mereka strategi perubahan, yaitu untuk mengatasi permasalahan yang terjadi.

Setelah memiliki visi dan strategi baru untuk penyelesaian masalah, sekarang yang menjadi tanggung jawab tim pemandu adalah menjaga konsep perubahan di mata para penguin dengan mengkomunikasikan visi baru tersebut. Mereka membuat pengumuman dan kegiatan interaktif untuk mengkomunikasikan perubahan yang ada.

Idenya banyak tidak berarti selalu baik, kadnag justru menjadi ragu dan mengakibatkan tidak antusias. Tim ini sadar bahwa mereka harus memperbaiki situasi segera. Buddy bertugas berbicara dengan para penguin untuk meyakinkan pentingnya perubahan dan pentingnya belajar “terbang”. Sally Ann, seorang penguin mud abelia, ingin menjadi bagian dari perubahan, berinisiatif menjadi volunteer menjadi yang pertama mencoba.Semangat Sally Ann menginspirasi dan memotivasi Scout dan para penguin lain untuk mencoba. Singkat cerita, penguin berhasi selamat dari keruntuhan iceberg dan sejak saat itu, komunitas penguin hidup bernomaden dari satu iceberg ke iceberg lain, mereka beradaptasi terhadap kebutuhan perubahan dari waktu ke waktu.

Diadaptasi dari : http://www.kotterinternational.com

Share this post: