PMO DJKN


Program transformasi kelembagaan sebenarnya telah lama dilaksanakan oleh DJKN, yaitu diantaranya melalui penyesuaian struktur organisasi (baik di level kantor pusat maupun kantor vertikal), perampingan proses bisnis, serta pengembangan SDM secara menyeluruh guna mengoptimalkan kinerja organisasi. Saat ini, DJKN dihadapkan dengan fase baru dalam dinamika transformasi organisasi, melalui implemetasi program Transformasi Kelembagaan Kementerian Keuangan RI.

Dalam menyambut program transformasi kelembagaan tersebut, tentunya diperlukan adanya manajemen kinerja yang memadai guna menjaga momentum dan motivasi pegawai dalam menghadapi perubahan. Bahkan penelitian menunjukkan bahwa lebih dari dua pertiga upaya transformasi gugur dikarenakan manajemen yang tidak menyokong transformasi dan perilaku pegawai yang resisten terhadap perubahan. Tingkat kegagalan tersebut bahkan lebih tinggi untuk lembaga di sektor publik yang sebagian alasannya disebabkan beragamnya stakeholder yang harus dikelola.

PMO akan mengkoordinasikan kegiatan-kegiatan berikut:

  • Complexity Management
    PMO menjadi pusat pengumpulan data dan melakukan monitoring terhadap status dan dampak seluruh inisiatif di dalam masing-masing unit Eselon I. PMO juga akan memberi dukungan bagi unit teknis untuk memecahkan masalah yang berat dalam proses implementasi inisiatif transormasi.
  • Change Management
    Untuk menjaga motivasi dan meningkatkan keterlibatan pegawai dalam pelaksanaan program transformasi organisasi.
  • Context Expertise
    Memberikan keahlian atas bidang tertentu untuk mendukung upaya pemecahan masalah atau implementasi.

Video
Stay up to date
Stay connected