Berita DJKN

Pre-Test dan Post-Test PUG pada KPKNL Bandar Lampung: Selain Pegawai, juga Diikuti Honorer dan Satpam

Rabu, 06 Maret 2019 pukul 0:00   |   0 kali

Bandar Lampung – Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Bandar Lampung mengadakan pre-test dan post-test dengan materi implementasi pengarusutamaan gender (PUG) pada hari Senin (4/3) di Ruang Rapat Lantai 2 KPKNL Bandar Lampung. Uniknya, selain diikuti oleh pegawai organik KPKNL Bandar Lampung, pre-test dan post-test ini juga diikuti pegawai non-organik, yakni honorer (pramubhakti) dan satpam.

Sutrisno, Kepala Seksi Pelayanan Penilaian, menyampaikan bahwa ide diadakannya pre-testdan post-test berasal dari Pokja Bidang Kegiatan, Dokumentasi, dan Kesekretariatan yang ia ditunjuk selaku ketuanya.

"Kita adakan pre-test dan juga post-test. Kita ingin mengukur tingkat pemahaman para pegawai KPKNL Bandar Lampung tentang PUG," terangnya.

Rencana diadakannya pre-test dan post-test telah diumumkan minggu sebelumnya.

"Dengan diumumkannya rencana pre-test, para pegawai dipaksa mencari tahu apa itu PUG,” jelas Sutrisno. “Ini merupakan hal baru yang belum pernah diadakan di kantor lain," tambahnya.

Pre-test dibagi dalam dua sesi. Sesi pertama untuk para pegawai organik, dan sesi berikutnya untuk para pegawai non-organik. Pada masing-masing sesi, diadakan knowledge sharing bertajuk implementasi PUG seusai pelaksanaan pre-test dan sebelum dilaksanakannya post-test.

Tujuan knowledge sharing tersebut, menurut Sutrisno adalah untuk menyamakan persepsi seluruh pegawai tentang konsep PUG dan implementasinya.

"Mereka yang mengikuti pre-test serius menyerap informasi yang dipaparkan,” ungkapnya. “Mereka berharap bisa menjawab soal-soal post-test sesuai dengan materi yang dipaparkan.”

Pada sesi pertama, pelaksana Seksi Hukum dan Informasi Ezzah Nariswari Lupianto ditunjuk sebagai pemapar materi implementasi PUG. Seluruh materi yang dipaparkan adalah yang ditanyakan pada pre-test. Sementara pada sesi kedua, pemapar materi adalah pelaksana Seksi Pengelolaan Kekayaan Negara Marinda Isella Tambunan.

Sebagaimana diberitakan sebelumnya, KPKNL Bandar Lampung terpilih sebagai salah satu kandidat kantor vertikal DJKN yang akan mengikuti lomba implementasi PUG yang penjurian awalnya akan dilaksanakan pada Maret 2019.

Seusai kegiatan, Hakim SB Mulyono, Kepala Seksi Hukum dan Informasi, selaku Ketua Pokja Sarana dan Prasarana (sarpras) menjelaskan bahwa saat ini sarana dan prasarana KPKNL Bandar Lampung telah mendukung implementasi PUG.

"Saat ini (di KPKNL Bandar Lampung-red) sudah tersedia ruang ibu menyusui, ruang olah raga, charging box, ruang inspirasi, kantin kejujuran, dan musholla," terangnya.

Lebih lanjut, ia menjelaskan bahwa tahun ini KPKNL Bandar Lampung sedang menata ulang layout ruang kantor.

“Tahun ini, sarpras yang sedang kita tata antara lain kamar mandi khusus difabel, jalur khusus difabel, ruang tunggu prioritas, ruang ramah anak, perpustakaan, dan ruang kerja berkonsep open-space," urainya. "Semua itu untuk mendukung implementasi PUG,” pungkasnya.

Sumber: Website KPKNL Bandar Lampung

Foto Terkait Berita

Cari Berita

Agenda PUG

Event :
  • -