Padang – Dalam rangka menunjang
pelayanan kepada masyarakat terutama stakeholder, KPKNL Padang terus
berbenah. Tidak hanya dari aspek layanan teknis, KPKNL Padang juga
memperbaiki sarana penunjang kenyamanan setiap kalangan yang berkunjung ke
KPKNL Padang. Beberapa fasilitas baru yang disediakan oleh KPKNL
Padang adalah Tempat Bermain Anak (Play Ground), Kantin Kejujuran, Coffee
Corner, Ruang Kesehatan, dan Ruang Menyusui (Laktasi).
Tempat Bermain Anak diperuntukkan sebagai arena bermain bagi anak-anak balita. Dengan demikian, para pengguna jasa layanan KPKNL Padang yang kebetulan membawa serta anak-anaknya tidak perlu merasa khawatir anaknya akan merasa bosan. Hal ini diungkapkan oleh salah seorang pelaksana satuan kerja KPKNL Padang, Ibu Dini dari Kejaksaan Negeri Dharmasraya, sekitar lima jam perjalanan dari kota Padang. Ia datang ke KPKNL Padang untuk melakukan konsultasi terkait Rencana Kebutuhan Barang Milik Negara (RKBMN), dengan membawa serta suami dan kedua anaknya, Syafiq (4 tahun) dan Shafiya (11 bulan). “Bagus sekali, adanya tempat bermain ini sangat positif. Anak-anak jadi tidak bosan saat menunggu,” kata Dini.
Sementara
itu, Kantin Kejujuran adalah kantin yang disediakan untuk
pengguna jasa dan pegawai KPKNL Padang. Kantin ini tidak memiliki petugas,
sehingga pembeli dituntut kejujurannya untuk membayar sesuai
daftar harga yang dipajang, dengan cara memasukkan ke dalam
kotak yang sudah disediakan. Saat
ini, Kantin Kejujuran KPKNL Padang menyediakan berbagai
macam camilan, minuman, dan makanan instan, serta alat tulis kantor (ATK)
seperti materai.
Tepat di sebelah Kantin Kejujuran, terdapat rak dengan dispenser air minum beserta cangkir dan sendok bersih. Bubuk kopi atau teh siap seduh berada di dalam kontainer kecil yang berdampingan dengan gula sachet. Pojok ini sengaja dimaksudkan bagi pengguna jasa layanan KPKNL Padang yang ingin menikmati teh atau kopi secara cuma-cuma (gratis).
Selain tiga layanan di atas, sejak tahun lalu, KPKNL Padang juga telah menyediakan Ruang Kesehatan dan Menyusui (laktasi) bagi para ibu pengguna jasa atau pegawai KPKNL Padang yang menginginkan privasi untuk menyediakan ASI bagi anaknya, kursi roda serta jalur khusus bagi penyandang disabilitas, parkir prioritas, dan sarana free charging.
Fasilitas – fasilitas yang tersedia
dimaksudkan untuk meningkatkan kenyamanan masyarakat, terutama stakeholders KPKNL Padang.
Di samping itu, optimalisasi layanan ini diharapkan juga
menjadi poin tambahan bagi KPKNL Padang dalam rangka pembangunan
Zona Integritas (ZI) menuju Wilayah Bebas Korupsi/Wilayah
Birokrasi Bersih Melayani (WBK/WBBM), serta Pengelolaan Kinerja Utama
Peningkatan Pelayanan Publik (PKUPPP). Semoga pelayanan KPKNL Padang
semakin baik, dan lebih baik lagi. (AR/NF/Tim HIKPKNL Padang)