Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Yogyakarta > Kilas Peristiwa
Kepala KPKNL Yogyakarta: “Kartini Sebagai Penerang Bagi Indonesia Jaya”
Sri Haryanti
Selasa, 23 April 2019   |   141 kali

Yogyakarta-KPKNL Yogyakarta memperingati Hari Kartini pada hari Senin (22/4/2019). Acara yang berpusat di lobbi KPKNL Yogyakarta tersebut terlihat berbeda, lebih berwarna dibandingkan hari-hari biasanya. Nuansa tradisional Ngayogyakarta Hadiningrat begitu kental berbaur senyuman seluruh pejabat dan pegawai KPKNL Yogyakarta di pagi hari saat doa bersama.

Tidak ada pengecualian bagi seluruh pejabat dan pegawai KPKNL Yogyakarta untuk mengenakan pakaian adat tradisional. Hampir semua pegawai terlihat mengenakan pakaian adat jawa. Pegawai laki-laki memakai surjan lengkap dengan jarik dan blangkon, sedangkan pegawai wanita memakai kebaya, yang merupakan khas pakaian tradisional  Jawa.

Staf Seksi Pelayanan Penilaian Rakhmayani Ardhanti membuka acara peringatan dengan memaparkan bahwa Kartini merupakan perempuan tangguh dan berhati mulia. “Sedikit menghayati semangat Kartin, Kartini itu membaca, Kartini itu menulis, Kartini itu menyuarakan apa yang dirasa sebagai ketidakadilan. Dan apa yang dilakukannya didasarkan pada rasa cintanya pada bangsa Indonesia,’” ucap perwakilan Kartini KPKNL Yogyakarta ini.

 Untuk lebih memeriahkan kegiatan, setelah dilakukan doa bersama dan yel-yel seperti biasa, spontan digelar hiburan berupa “Pagelaran Busana Adat Oleh Seluruh Pejabat dan Pegawai KPKNL Yogyakarta”. Pagelaran ini untuk menunjukkan kebanggaan akan kekayaan budaya bangsa Indonesia. Mengawali pagelaran, Kepala KPKNL Yogyakarta Agung Budi Setijadji mendapat kehormatan menjadi peserta pertama. Langkah mantap Agung disertai gimmick humor menjadi kejutan tersendiri. Sungguh penampilan yang diluar dugaan pegawai lainnya. Penampilan luar biasa yang kemudian diikuti satu persatu oleh seluruh kepala seksi, kepala subbagian umum dan pegawai KPKNL Yogyakarta ini menjadikan pagelaran busana adat tersebut berlangsung sangat meriah.

Dalam sambutannya, Agung Budi Setijadji mengajak seluruh stafnya untuk senantiasa mengingat dan meneladani perjuangan Kartini dan menjunjung tinggi nilai-nilai tradisi luhur bangsa Indoneisa baik itu  unggah-ungguh maupun pakaian tradisional. “Sebagai pahlawan nasional Indonesia, Kartini dikenal sebagai salah satu cahaya penerang bagi Indonesia. Untuk itu, mari kita teladani dan kita jaga warisan luhur yang telah Kartini wariskan kepada kita, kepada bangsa Indonesia,’ pesannya. “Meskipun seiring perkembangan jaman,  pakaian tradisional ini hanya dipakai untuk acara seremonial, tidak lebih dari 3 (tiga) kali setiap tahunnya, diharapkan tidak akan mengurangi nilai-nilai dan filosofi-filosofi  luhur yang terkandung di dalamnya,” tutup pria tegap yang mempunyai hobi baru touring bersama sebuah komunitas motor ini. (Penulis/Foto: Sri Haryanti/Djoehard)                                                                                                                                                                                                                                                                       

Foto Terkait Kilas Peristiwa
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini