Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Semarakkan HKN ke-16 DJKN, KPKNL Yogyakarta Gelar Visit KPKNL Yogyakarta 2022
Yusuf Eko Susilo
Jum'at, 11 November 2022   |   66 kali

 

Yogyakarta -- Kamis (10/11) Dalam rangka menyemarakkan Hari Kekayaan Negara ke enam belas Direktorat Jenderal Kekayaan Negara (DJKN), Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Yogyakarta menggelar “Visit KPKNL Yogyakarta 2022” dengan mengundang civitas academia Manajemen dan Penilaian Properti, Departemen Ekonomika dan Bisnis, Sekolah Vokasi Universitas Gadjah Mada (UGM). Rombongan diterima langsung oleh Kepala KPKNL Yogyakarta Jati Wiryawan di Flexible Working Space Gedung Keuangan Negara Yogyakarta, Kamis, 10 November 2022.

 

Dalam sambutannya, Jati Wiryawan menjelaskan sekilas tugas dan fungsi KPKNL Yogyakarta meliputi manajemen aset, penilaian, dan lelang dapat berdiri sendiri tetapi saling terkait dan terintegrasi dalam pengelolaan kekayaan negara. “Manajemen aset, penilaian, dan lelang bisa jalan sendiri-sendiri. Tapi ada kalanya semuanya beririsan. Manajemen aset bisa beririsan dengan penilaian, manajemen aset bisa juga beririsan dengan lelang. Sehingga semuanya bisa terkait menjadi satu siklus,” terang Jati.

 

Sementara itu Sekretaris Departemen Ekonomika dan Bisnis (DEB) Sekolah Vokasi UGM, Suftri, mengucapkan terima kasih DEB Sekolah Vokasi UGM telah diundang dalam kegiatan Visit KPKNL Yogyakarta sehingga dapat memperoleh pengetahuan dari KPKNL Yogyakarta. “Sekali lagi kami mengucapkan terima kasih karena diberi kesempatan untuk memberikan strategi untuk melibatkan praktisi, dalam hal ini KPKNL, untuk menyempitkan antara output dan outcome,” ujar Sufitri.

 

Sufitri juga menyampaikan bahwa DEB Sekolah Vokasi UGM tengah gencar menjalin kerja sama dan kolaborasi dengan berbagai instansi sesuai dengan arahan Ketua DEB Sekolah Vokasi UGM, “Mungkin besok kami akan sowan lagi bersama Pak Anggito Abimanyu (Ketua DEB Sekolah Vokasi UGM, red),” ungkap Sufitri.

 

Para mahasiswa Manajemen dan Penilaian Properti Sekolah Vokasi UGM mendapat kesempatan belajar langsung dari penggawa KPKNL Yogyakarta mengenai sistem manajemen aset dan sistem informasi pendukung penilaian. Materi ini erat kaitannya dengan materi yang dipelajari mahasiswa di bangku perkuliahan.

 

Dalam acara tersebut diadakan simulasi lelang yang dipandu oleh Pejabat Lelang KPKNL Yogyakarta dan diikuti para mahasiswa. Antusiasme mahasiswa begitu tinggi terlihat dari partisipasi dalam menawar objek lelang dengan kompetitif.

 

Kegiatan Visit KPKNL Yogyakarta menjadi salah satu sarana dalam mengenalkan tugas dan fungsi KPKNL Yogyakarta kepada masyarakat, khususnya kepada dunia pendidikan.

 

(Foto/Narasi: Arifin Nurhartanto/Yusuf Eko Susilo)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini