Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
Sinergi Instansi, Strategi Jawab Tantangan Target Di Masa Pandemi
Arifin Nurhartanto
Sabtu, 04 Juli 2020   |   176 kali

Yogyakarta (25/6) - Kepala Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Kekayaan Negara Jawa Tengah dan Daerah Istimewa Yogyakarta (Kanwil DJKN Jateng & D.I.Y) Mahmudsyah beserta Kepala Bidang Pengelolaan Kekayaan Negara Kanwil DJKN Jateng & D.I.Y. Samsul Alam dengan didampingi Kepala KPKNL Yogyakarta Marhaeni Rumiasih, melaksanakan koordinasi dengan satuan kerja Lapangan Udara TNI Angkatan Udara Adisutjipto (Lanud TNI AU Adisutjipto) dan Kantor Wilayah Badan Pertanahan Nasional Daerah Istimewa Yogyakarta (Kanwil BPN DIY) pada tanggal 25 Juni 2020. Koordinasi tersebut merupakan agenda khusus Kanwil DJKN Jateng & DIY dalam upaya percepatan penyelesaian target Revaluasi Barang Milik Negara (BMN) dan Pengelolaan BMN, khususnya untuk wilayah Provinsi DIY, dengan target sebesar 28.248 objek BMN yang wajib diselesaikan pada semester II Tahun 2020.

Kunjungan Mahmudsyah ke Lanud TNI AU Adisutjipto disambut langsung oleh Komandan Lanud TNI AU Adisutjipto Marsekal Pertama TNI Ir. Bob Henry Panggabean. Kedua pimpinan instansi tersebut membahas mengenai langkah-langkah strategis dalam upaya percepatan penyelesaian Revaluasi BMN dan Pengelolaan BMN di lingkungan satker Lanud TNI AU Adisutjipto. Dalam hal revaluasi BMN, Lanud TNI AU Adisutjipto merupakan satuan kerja (satker) yang memiliki jumlah Nomor Urut Pendaftaran (NUP) BMN cukup banyak, sedangkan dalam hal pengelolaan BMN, berpotensi besar dalam kontribusi Penerimaan Negara Bukan Pajak ((PNBP) melalui mekanisme pemanfaatan BMN. “Kami berharap dengan koordinasi dan sinergi yang terjalin baik dan erat ini, sumbangsih kita kepada Negara dalam wujud tersajinya nilai aset BMN yang akuntabel dan terkini dapat mendukung langkah pimpinan dalam pengambilan kebijakan yang tepat dan pro rakyat,” ujar Mahmudsyah. Dalam kesempatan yang sama, dibahas pula mengenai implementasi dan kapasitas pemanfaatan BMN di lingkungan satker Lanud TNI AU Adisutjipto. Mahmudsyah mengapresiasi pemanfaatan BMN yang telah dilaksanakan dengan tertib dan juga menyampaikan harapan agar potensi pemanfaatan BMN dapat dioptimalkan dan diproses sesuai ketentuan.

Dalam sela-sela acara tersebut, Mahmudsyah dan Marhaeni bersama rombongan berkesempatan menjajal Shooting Range Lanud TNI AU Adisutjipto, yang masih berada di Komplek Lanud TNI AU Adisutjipto. Pelaksanaan pelatihan menembak dilaksanakan dengan menjalankan standar keamanan sesuai prosedur dan didampingi instruktur profesional serta tetap menerapkan protokol kesehatan yang ditetapkan pemerintah.

Tanpa mengenal lelah, perjalanan koordinasi dan sinergi Kepala Kanwil DJKN Jateng & D.I.Y beserta rombongan dilanjutkan dengan menyambangi Kanwil BPN DIY. Kunjungan tersebut bertujuan untuk memperkuat sinergi dengan Kanwil BPN DIY di bidang sertifikasi BMN. Kepala Kanwil BPN DIY Tri Wibisono menyatakan kesiapannya untuk bersinergi dengan KPKNL Yogyakarta dalam menjawab tantangan sertifikasi BMN di wilayah kerjanya.

Kesuksesan agenda Revaluasi dan Pemanfaatan BMN mutlak memerlukan kerja sama yang solid antara satker selaku pengguna barang dengan DJKN/KPKNL Yogyakarta selaku pengelola BMN. Sedangkan dalam bidang sertifikasi BMN, Kanwil BPN DIY merupakan partner yang akan bersama-sama mewujudkan tertib administrasi, tertib fisik, dan tertib hukum atas BMN. Sinergi antar instansi menjadi salah satu fokus strategi untuk memantapkan langkah Kanwil DJKN Jateng dan D.I.Y dan KPKNL Yogyakarta dalam menyelesaikan target-target, khususnya dalam bidang Revaluasi dan Pengelolaan BMN walaupun dalam kondisi pandemi Covid-19 yang tengah terjadi.

(Penulis/Foto : R. Ardhanti/Arifin DLG; Wahyu R.)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini