KPKNL Ternate
Kilas Peristiwa DJKN

KPKNL Ternate buka bersama dengan Jajaran Kemenkeu Maluku Utara

Senin, 02 Juli 2018   |   0 kali

Ternate – Dalam suasana penuh berkah di bulan suci Ramadhan serta untuk mempererat tali silaturahmi antar instansi Kementerian Keuangan di Maluku Utara, Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Ternate mengadakan acara buka puasa bersama bekerjasama dengan seluruh kantor operasional Kementerian Keuangan di Kota Ternate, diantaranya Kantor Wilayah Direktorat Jenderal Perbendaharaan (Kanwil DJPB) Maluku Utara, Kantor Pelayanan Perbendaharaan Negara (KPPN) Ternate, Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Ternate, dan Kantor Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Tipe Madya Pabean C Ternate. Acara buka puasa bersama ini dilaksanakan pada hari Kamis (7/6) di Kanwil DJPB Maluku Utara, dimana turut hadir pula perwakilan dari TNI, Polri, Forum Komunikasi Pimpinan Daerah (Forkopimda) Maluku Utara, serta Forum BUMN Maluku Utara.

Menunggu waktu berbuka, para undangan terlibat dalam Focus Group Discussion (FGD) terkait tugas dan fungsi dari masing-masing kantor operasional Kementerian Keuangan di Maluku Utara oleh Kepala Kanwil DJPB Maluku Utara, Edward Nainggolan. Pemaparan ini secara singkat menjelaskan proses bisnis dari unit Eselon I masing-masing kantor operasional secara umum dan proses bisnis tiap-tiap kantor.

Setiap kepala kantor operasional Kementerian Keuangan juga diberikan waktu untuk menyampaikan tugas dan fungsi instansinya serta program-program apa saja yang telah dan akan dijalankan oleh instansinya. Kepala KPPN Ternate, M. Izma Nur Choironi, secara spesifik bercerita tentang penyaluran dana desa di wilayah kerjanya. Izma menjelaskan fungsi dari dana desa dan efeknya terhadap ekonomi masyarakat, serta bagaimana pengelolaan dan penyaluran dana desa yang telah dilakukan oleh institusinya.

Kepala KPPBC Tipe Madya Pabean C Ternate, Musafak, mengangkat keberhasilan ekspor perdana ikan langsung dari Ternate menuju Jepang sebagai negara tujuan ekspor. Bea Cukai Ternate, sebagai salah satu institusi yang berperan besar dalam pencapaian ini, selalu berusaha untuk secara serius membantu pelaksanaan ekspor langsung dari Maluku Utara mengingat beragamnya produk bernilai ekonomis yang bisa dihasilkan dari wilayah tersebut. Di bidang perpajakan, Irawan selaku Kepala KPP Pratama Ternate menjelaskan tentang target pajak di tahun 2018 yang masih menjadi kontributor utama penerimaan negara. Di hadapan tamu yang hadir, beliau mengharapkan bantuan dari seluruh pihak untuk mendukung pencapaian target pajak di wilayah kerjanya, terutama terkait aspek keamanan pada masa penagihan pajak.

Kepala KPKNL Ternate, M. Arif Setyawantika, memberi ruang utama di paparannya pada isurRevaluasi BMN dan pelayanan lelang KPKNL. Terkait pelaksanaan Revaluasi BMN, KPKNL Ternate telah menyelesaikan proses penilaian kembali seluruh aset yang menjadi target. Arif menyampaikan terima kasih kepada satuan kerja yang hadir atas kerjasamanya selama proses pelaksanaan Revaluasi BMN. Di saat bersamaan, beliau juga memberikan informasi terkait layanan lelang di KPKNL Ternate, terutama lelang non-eksekusi sukarela yang bisa digunakan oleh seluruh pihak, baik sebagai penjual maupun pembeli. Arif menjelaskan kemudahan-kemudahan yang bisa didapat dari penjualan melalui lelang serta kontribusinya bagi penerimaan negara. Arif menegaskan bahwa saat ini layanan lelang non-eksekusi sukarela telah mendapat perhatian yang lebih besar baik di lingkungan internal Direktorat Jenderal Kekayaan Negara maupun di mata masyarakat Indonesia, dan beliau berharap momentum tersebut dapat dijaga di masa yang akan datang.

Kegiatan ini menjadi momentum yang baik untuk meningkatkan sinergi, tidak hanya antar kantor Kementerian Keuangan di Maluku Utara, tetapi juga antara Kementerian Keuangan Maluku Utara dengan instansi-instansi terkait di Maluku Utara. Kegiatan silaturahmi ini diharapkan dapat menghasilkan kerjasama-kerjasama yang baik, apalagi di dalam suasana penuh berkah di bulan Ramadhan. Setelah melakukan buka puasa bersama, para undangan juga dipersilahkan untuk melakukan shalat maghrib berjamaah di lokasi yang sama.

Penulis : HENDRA LEO PURBA
Tanggal ditulis : Senin, 02 Juli 2018
Terakhir diedit : Rabu, 04 Juli 2018
Foto Terkait Kilas Peristiwa
Pengumuman
Kontak
Jl. Yos Sudarso No. 2 Ternate - 97712
(0921) 3125400
(0921) 3122761
kpknlternate@gmail.com