Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Ternate > Berita
Sukses Lelang PT. Antam (Persero)
N/a
Rabu, 14 Mei 2014   |   2417 kali

Ternate - PT. Antam (Persero), Tbk unit Ternate telah melaksanakan Lelang Non Eksekusi Sukarela milik PT. Antam (Persero), Tbk pada tanggal 13 Mei 2014 yang bertempat di Kantor PT. Antam (Persero), Tbk unit Ternate Jalan Batuangus no. 11, Ternate dan diselenggarakan oleh Balai Lelang Star yang bekerjasama dengan Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Ternate. Barang yang dilelang sebanyak 56 barang yang terdiri besi tua eks. bangunan pabrik, alat berat, dump truck, mobil, motor dan alat pendukung pertambangan lainnya. Syamsuddin Amihadi (Mine Closure/NPAM Senior Spesialist) menghadiri lelang tersebut dan mendapat pengawasan langsung dari Kepala KPKNL Ternate, Saiful Hadi.

“Sesuai kebijakan Kementerian BUMN, maka kami selaku pengelola pertambangan harus dapat mengelola aset-aset yang pasca tambang agar tidak terbengkalai”, ujar Gandjar Wahyu selaku Non Productive Asset Management (NPAM) Manager PT. Antam (Persero), Tbk unit Ternate dalam sambutannya.

PT. Antam (Persero), Tbk merupakan salah satu perusahaan pertambangan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang terdiversifikasi dan terintegrasi secara vertikal yang wilayah operasinya tersebar di seluruh Indonesia yang kaya akan bahan mineral. Senada dengan Kontraktor Kontrak Kerja Sama (KKKS) yang bergerak dalam bidang Minyak dan Gas Bumi, aset-aset milik PT. Antam (Persero), Tbk ini mempunyai karakteristik yang hampir sama dengan aset-aset BMN eks KKKS dalam hal masa umur ekonomis dan aset idle pasca tambang.

Pengelolaan terhadap aset-aset tersebut ditegaskan dalam Kebijakan Kementerian BUMN yang mengatur agar setiap BUMN dapat mengelola aset-asetnya agar tidak terbengkalai. Hal ini diwujudkan dengan alur yang standar terhadap penggunaan aset tersebut mulai dari pengadaan hingga penghapusan aset dengan cara penjualan melalui lelang.

Lelang yang dipandu oleh Suharjono (Direktur Balai Lelang Star) dan Sapto Sumunu (Pejabat Lelang Kelas I pada KPKNL Ternate) mendapatkan animo dari masyarakat yang cukup tinggi. Cukup banyaknya peserta yang mengikuti lelang tersebut. Antusiasme dari masyarakat tersebut dapat dikategorikan cukup tinggi dikarenakan lokasi barang yang dilelang berada di di PT. Antam (Unit Bisnis Pertambangan  Nikel Gebe), Pulau Gebe, Kabupaten Halmahera Tengah yang secara geografis cukup sulit ditempuh.

Lelang non eksekusi sukarela PT. Antam (Persero), Tbk. ini merupakan lelang tahap pertama. Sedangkan KPKNL dan PT Antam merencakan lelang tahap kedua pada akhir bulan juni 2014 dengan barang berupa Hak Guna Bangun Tanah, Dermaga. Dengan suksesnya lelang tahap pertama tersebut, Saiful mengharapkan kerjasama antara KPKNL Ternate dan Balai Lelang dapat berlanjut dengan baik dan berkelanjutan. Potensi lelang aset-aset non produktif BUMN ternyata cukup besar, KPKNL Ternate berhasil melakuka penggalian potensi tersebut melalui lelang ini. (Teks: Deni K/Editor: Sapto/Foto: Deni K)

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini