Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Ternate > Berita
KPKNL Ternate Raih Predikat Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) Tahun 2020
Kholilur Rohman
Selasa, 22 Desember 2020   |   131 kali

Kantor Pelayanan Kekayaan Negara dan Lelang (KPKNL) Ternate meraih penghargaan Zona Integritas (ZI) Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) dari Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB). Penghargaan tersebut disampaikan secara virtual dalam acara “Apresiasi dan Penganugerahan Zona Integritas Menuju WBK/WBBM Tahun 2020” yang diselenggarakan oleh KemenPAN-RB pada Senin (21/12). KPKNL Ternate merupakan salah satu dari 23 (dua puluh tiga) unit kerja di lingkungan Direktorat Jenderal kekayaan Negara (DJKN) yang meraih Penghargaaan Wilayah Bebas dari Korupsi (WBK) Tahun 2020. Secara keseluruhan Kementerian Keuangan berhasil memperoleh capaian tertinggi nasional dalam penilaian WBK/WBBM tahun 2020 yaitu sebesar 76,70% atau 214 unit dari usulan 279 unit.

WBK adalah predikat yang diberikan kepada satuan kerja yang memenuhi sebagian besar program manajemen perubahan, penataan tatalaksana, penataan sistem manajemen SDM, penguatan akuntabilitas, penguatan pengawasan kinerja, serta penguatan kualitas pelayanan publik. Berbeda dari  tahun  sebelumnya,  acara  apresiasi  dan  penganugerahan  Zona Integritas menuju WBK dan WBBM 2020 tidak hanya digelar secara langsung (offline), tetapi juga melalui daring (online). Wakil Presiden Republik Indonesia, K.H Ma’ruf Amin turut hadir secara virtual untuk memberikan arahan pada para penerima predikat. Dalam sambutannya, Ma'ruf Amin menyampaikan bahwa predikat Zona Integritas (ZI) menuju WBK/WBBM merupakan gerbang awal dalam mewujudkan birokrasi yang bersih dan melayani. “Saya  harapkan  kepada  seluruh  penyelenggara  pelayanan  publik  agar  melakukan akselerasi untuk menaikkan pelayanan publik secara berkelanjutan dan berkesinambungan, serta melakukan inovasi terbaik untuk menjawab tuntutan masyarakat yang dinamis,” ucapnya melalui sambungan video conference.

Tahap demi tahap Seleksi dilaksanakan KPKNL Ternate untuk meraih predikat WBK, diawali dengan seleksi internal oleh Tim  Penilai Internal (TPI) yang kemudian diusulkan ke Kementerian PAN-RB selaku Tim Penilai Nasional (TPN). Tahap seleksi oleh TPN diantaranya adalah seleksi pendahuluan, desk evaluation, survei, evaluasi lapangan, clearance, hingga evaluasi TPN dalam menguji program unggulan. Penghargaan ini memberikan semangat baru bagi KPKNL Ternate untuk lebih giat lagi menularkan nilai-nilai dalam Zona Integritas melalui perubahan-perubahan positif demi peningkatan kinerja dan hubungan kerja sama yang semakin baik dengan seluruh stakeholders KPKNL Ternate. KPKNL Ternate juga menyampaikan terimakasih sebesar-besarnya kepada KemenPAN-RB atas predikat WBK yang diberikan, dan kepada seluruh pihak yang telah mendukung KPKNL Ternate dalam proses pembangunan Zona Integritas di KPKNL Ternate.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini