Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Ternate > Berita
KPKNL Ternate Dukung Sensus Penduduk 2020
Hendra Leo Purba
Senin, 02 Maret 2020   |   280 kali

KPKNL Ternate mendapat kunjungan dari Kepala BPS Provinsi Maluku Utara, Atas Perlindungan Lubis, beserta rombongan pada Selasa (25/2). Kedatangannya ke KPKNL Ternate adalah untuk menyampaikan informasi tentang program Sensus Penduduk 2020. Program ini merupakan upaya pemerintah untuk memperoleh data jumlah, komposisi, distribusi, dan karakteristik penduduk Indonesia. Sebelum melaksanakan sosialisasi dan pendampingan, Atas menyempatkan diri berkeliling ruangan ruangan di gedung KPKNL Ternate yang baru selesai dibanguan sekaligus menyapa seluruh pegawai KPKNL Ternate.

Kegiatan sosialisasi dan pendampingan dibuka oleh Kepala KPKNL Ternate, M. Arif Setyawantika, dimana dalam pembukaannya Arif sangat mendukung sepenuhnya  upaya yang dilakukan oleh pemerintah pusat melalui Badan Pusat Statistik.  Sesuai arahan pemerintah, Sensus ini diharapkan menghasilkan suatu data kependudukan yang dapat digunakan sebagai acuan untuk membuat beragam kebijakan. Data yang akurat sangat dibutuhkan untuk menyusun perencanaan yang benar, membuat keputusan yang tepat, dan mengeksekusi program yang tepat sasaran.

Membuka sambutannya, Atas Perlindungan Lubis mengapresiasi konsep kantor KPKNL Ternate  serta hubungan baik yang telah dilakukan antara BPS Provinsi Maluku Utara dengan KPKNL Ternate.  Terkait pelaksanaan Sensus Penduduk 2020, Atas menjelaskan bahwa terdapat dua tujuan utama Sensus Penduduk 2020. Pertama, sensus penduduk menyediakan data-data kependudukan secara de facto dan de jure meliputi jumlah penduduk serta fakta mengenai jenis kelamin, usia, bahasa, dan hal-hal lain yang dianggap perlu. Kedua, sensus penduduk menyediakan parameter demografi (fertilitas, mortalitas, dan migrasi) serta karakteristik penduduk lainnya untuk keperluan proyeksi penduduk dan berbagai indikator tujuan pembangunan berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDGs).

Sensus Penduduk 2020 akan dilakukan secara berbeda dengan sensus-sensus sebelumnya, dimana akan mengedepankan pemanfaatan perkembangan teknologi yang diharapkan akan memberikan kemudahan dan manfaat dalam pelaksanaan sensus penduduk 2020. Dalam perkembangannya Sensus Penduduk 2020 akan menggunakan metode kombinasi dengan memanfaatkan data Administrasi Kependudukan sebagai data dasar (prelist) serta pengumpulan data akan dilakukan dengan tiga moda, yaitu Computer Aided Web Interviewing (CAWI), Computer Assisted Personal Interviewing (CAPI), dan Pencil and Paper Interviewing (PAPI).

Sistem CAWI dapat diakses melalui situs web sensus.bps.go.id dari tanggal 15 Februari sampai dengan 31 Maret 2020. Sasarannya adalah penduduk dengan mobilitas tinggi, karena inovasi ini memberi keleluasaan waktu dan tempat untuk mengisi survei. Masyarakat dapat secara aktif dan mandiri berpartisipasi untuk memperbarui data tentang dirinya sendiri dan keluarga. Sementara sistem CAPI dan PAPI adalah program pencacahan data langsung yang dilakukan petugas ke rumah/kediaman penduduk menggunakan ponsel/tablet.

Pada kesempatan yang sama,  BPS Maluku Utara juga melaksanakan pendampingan pelaksanaan sensus yang dipimpin oleh ketua mako sensus penduduk 2020, Bukhari Fabanyo. Dalam mengikuti seksus penduduk, beberapa dokumen yang perlu disiapkan antara lain Kartu Tanda Penduduk (KTP), Kartu Keluarga (KK) serta Akta nikah. Pegawai KPKNL Ternate terlihat sangat antusias dalam melaksanakan sensus penduduk secara online.  Bukhari berharap dengan sensus online ini, pegawai KPKNL Ternate dapat menularkan semangat menginput sensus kepada masyarakat.



Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini