Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Ternate > Berita
Peduli Kesehatan Pegawai, KPKNL Ternate Sosialisasikan Pengetahuan Kesehatan dalam Bekerja
Hendra Leo Purba
Senin, 27 Januari 2020   |   170 kali

Tuntutan atas tingginya intensitas kerja terkadang menyebabkan pegawai harus berhadapan dengan masalah kesehatan. Masalah kesehatan yang timbul dapat berdampak buruk terhadap kinerja para pegawai yang pada akhirnya akan memengaruhi kinerja organisasi. Peduli terhadap kesehatan kerja dengan menyadari pentingnya menjaga, memelihara, dan meningkatkan kesehatan di lingkungan kerja, KPKNL Ternate mengadakan Knowledge Sharing terkait Pengetahuan Kesehatan dan Obat-obatan dengan mengundang Kimia Farma Ternate. Kegiatan dilaksanakan di Ruang Rapat KPKNL Ternate pada Rabu (22/1), dan dihadiri oleh seluruh pegawai KPKNL Ternate dan beberapa perwakilan Kimia Farma Ternate

M. Arif Setyawantika selaku kepala kantor KPKNL Ternate membuka kegiatan dengan menyampaikan bahwa dalam rangka mempersiapkan pembangunan Zona Integritas menuju WBK/WBBM pada KPKNL Ternate, salah satu aspek yang sangat penting dan menunjang pencapaian hal tersebut adalah kesehatan kerja yang meliputi kesehatan pegawai dan kesehatan lingkungan kerja. Untuk tujuan tersebut maka dilaksanakan Knowledge Sharing mengenai kesehatan kerja bekerjasama dengan Kimia Farma Ternate. Arif berharap dengan kegiatan ini, seluruh pegawai KPKNL Ternate mengerti tentang seluk beluk kesehatan di lingkungan kerja dan kedepannya seluruh pegawai selalu berupaya menjaga, memelihara, dan meningkatkan kesehatan diri dan lingkungan kerja demi performa bekerja yang lebih baik.

Rombongan Kimia Farma Ternate yang dipimpin oleh Manager Unit Bisnis Kimia Farma Ternate, Dwi Anggoro Adhi, mengapresiasi hal positif yang dilakukan oleh KPKNL Ternate. Dwi menyampaikan dukungan luar biasa Kimia Farma Ternate kepada KPKNL Ternate dalam segala usaha menjaga dan meningkatkan kondisi kesehatan diri dan lingkungan kerja di KPKNL Ternate. Setelah sambutan tersebut, kegiatan dilanjutkan dengan paparan kesehatan dimana paparan pertama disampaikan oleh dr. Fatir M. Natsir yang bertugas sebagai dokter umum di Rumah Sakit Umum Sofifi Kota Tidore Kepulauan dan Kimia Farma Sofifi. Fatir menyampaikan tentang beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam menciptakan lingkungan kerja yang sehat, meliputi: 1) kesehatan kerja terkait kondisi kesehatan di lingkungan kerja dan peningkatan kesadaran pegawai akan pentingnya kesehatan; 2) antisipasi akan gangguan kesehatan fisik maupun psikis pada lingkungan kerja; dan 3) tindakan menjaga tubuh tetap sehat saat bekerja baik berupa preventif maupun kuratif.

Paparan selanjutnya disampaikan oleh Irine Ayu Dita, Apoteker Penanggung Jawab Apotek Kimia Farma. Dalam paparannya, Irine menyampaikan tentang cara meminimalisasi rasa lelah dan bosan dalam bekerja, antara lain: 1) penggunaan target waktu; 2) konsumsi makanan dan minuman sehat; 3) berusaha mencari kepuasan dalam bekerja; dan 4) bekerja secara cerdas. Melalui penerapan hal-hal tersebut diatas, diharapkan pegawai dapat terhindar dari kelelahan dalam bekerja, baik lelah fisik maupun lelah psikis. Sebagai tindakan preventif, dapat dilakukan dengan konsumsi vitamin yang cukup saat jadwal kerja mulai padat, dan untuk tindakan kuratif, dapat dilakukan dengan konsumsi obat saat tubuh mulai lelah dan kurang sehat. Selain itu, Irene berpesan agar selalu berhati-hati dalam membeli obat, untuk membeli obat di tempat yang terpercaya, dan berkonsultasi sebelum mengonsumsinya.

Sosialisasi ini diharapkan akan menjadi motivasi bagi pegawai KPKNL Ternate untuk meningkatkan kesadaran diri dalam hal kesehatan kerja. Kondisi kesehatan SDM berbanding lurus terhadap kualitas pelayanan, karena kesehatan SDM yang prima dengan didukung lingkungan kerja yang bersih dan sehat dapat mewujudkan pelayanan publik yang berkualitas, yaitu pelayanan yang dapat memenuhi standar, memberikan fokus pelayanan serta memuaskan stakeholders. Kegiatan ini merupakan wujud sinergi antara KPKNL Ternate dengan Kimia Farma Ternate untuk saling memberi kesempatan dalam berbagi informasi. Manfaat yang dirasakan oleh kedua belah pihak, diharapkan akan menjadi suatu sinergi yang berkelanjutan antara KPKNL Ternate dengan Kimia Farma Ternate.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini