Jl. Lapangan Banteng Timur No.2-4, Jakarta Pusat
 1 50-991    ID | EN      Login Pegawai
 
KPKNL Ternate > Berita
KPKNL Ternate Lakukan Kunjungan Kerja Ke Kabupaten Halmahera Utara
Hendra Leo Purba
Selasa, 22 Oktober 2019   |   336 kali

Dalam rangka memperkuat kerjasama antar instansi, Kepala KPKNL Ternate M. Arif Setyawantika melakukan kunjungan kerja ke aparatur pemerintahan daerah dan beberapa instansi di Kabupaten Halmahera Utara. Kunjungan Kerja tersebut dilaksanakan pada tanggal 16 sampai dengan tanggal 18 Oktober 2019. Beberapa hal yang dibahas dalam kunjungan kerja tersebut diantaranya terkait penggalian potensi lelang, pengelolaan Barang Milik Negara / Daerah, penggalian potensi Piutang Negara/Daerah, serta kerjasama-kerjasama lainnya.

Agenda utama kunjungan kerja kali ini adalah pertemuan dengan Bupati Halmahera Utara, Ir. Frans Manery. Tim dari KPKNL Ternate menemui Bupati Halmahera Utara di ruang kerjanya dan melakukan pembicaraan terkait pengurusan piutang dan pelaksanaan lelang. Terkait pengurusan piutang, Bupati Halmahera Utara dan Kepala KPKNL Ternate membicarakan kemungkinan kerjasama pengurusan piutang pada Rumah Sakit Umum Daerah (RSUD) Tobelo. Arif memberikan usulan agar dilakukan penyerahan pengurusan piutang tersebut kepada KPKNL Ternate sehingga dapat membantu RSUD Tobelo terutama dalam hal penagihan kepada debitur.  Dalam pertemuan tersebut juga dilakukan pembicaraan terkait lelang terhadap Barang Milik Daerah. Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Utara telah beberapa kali melakukan penjualan Barang Milik Daerah melalui lelang di KPKNL Ternate. Dari pertemuan ini diharapkan pihak Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Utara dapat memaksimalkan proses lelang di KPKNL Ternate dalam melakukan penjualan terhadap aset-asetnya yang akan dihapuskan. Dalam kesempatan yang sama, Arif juga menjelaskan tentang lelang elektronik yang bisa dimanfaatkan oleh seluruh jajaran Pemerintah Daerah Kabupaten Halmahera Utara, baik untuk membeli maupun menjual barang melalui lelang.

Dalam kunjungan kerjanya ke Kabupaten Halmahera Utara, Arif juga mengunjungi Kepolisian Resort Halmahera Utara dan Kodim 1508/Tobelo. Tiba di Kepolisian Resort Halmahera Utara, Arif bertemu dengan Kapolres Halmahera Utara, Yuyun Arief. Pertemuan dengan Kapolres Halmahera Utara diisi dengan pembicaraan seputar pengelolaan Barang Milik Negara dan pelaksanaan lelang Barang Milik Negara di Kepolisian Resort Halmahera Utara. Pada kunjungannya ke Kodim 1508/Tobelo, Arif bertemu dengan Dandim 1508/Tobelo, Raymond Sitanggang. Sama seperti pertemuan dengan Kapolres Halmahera Utara, pertemuan dengan Dandim 1508/Tobelo juga diisi dengan pembicaraan terkait pengelolaan Barang Milik Negara dan pelaksanaan lelang Barang Milik Negara.

Di Halmahera Utara, Arif juga bertemu dengan para pimpinan di kantor-kantor Kementerian Keuangan di Halmahera Utara, diantaranya Kepala KPP Pratama Tobelo, Soebagio, dan Kepala KPPN Tobelo, M. Palid Siregar. Pertemuan dengan dua pimpinan kantor vertikal Kementerian Keuangan tersebut diisi dengan pembicaraan terkait penguatan kerjasama antar unit dalam Kementerian Keuangan. Selain penguatan kerjasama, bersama para Kepala Kantor juga mendiskusikan rencana sosialisasi gabungan dengan KPKNL Ternate.

Melengkapi kunjungannya ke Halmahera Utara, Arif juga melakukan penggalian potensi lelang dan piutang ke dua instansi. Dalam rangka penggalian potensi lelang, Arif mengunjungi Kantor Cabang PT. BRI (Persero) Tbk. di Tobelo dan bertemu Pimpinan Cabang BRI Tobelo, Kurniawan Setyantoro. Keduanya membicarakan pelaksanaan lelang atas aset-aset Hak Tanggungan yang ada di BRI Tobelo yang dapat dilelang oleh KPKNL Ternate. Arif juga mengunjungi RSUD Tobelo dan bertemu dengan Direktur RSUD Tobelo, Drg. Irwanto Tandaan. Pertemuan ini merupakan tindak lanjut teknis terhadap rencana pengurusan piutang di RSUD Tobelo.

Kunjungan kerja di Halmahera Utara ini diharapkan dapat memberikan edukasi tugas dan fungsi KPKNL Ternate kepada para stakeholder.  Sosialisasi yang dilakukan intesif akan membantu para instansi dalam pencapaian target dan kinerja dengan mengoptimalkan hubungan kerja bersama KPKNL Ternate.

Foto Terkait Berita
Peta Situs | Email Kemenkeu | Prasyarat | Wise | LPSE | Hubungi Kami | Oppini